PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN METODE SAINTIFIK MATERI VOLUME BANGUN RUANG UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Dwi Nurhayati, Marsigit .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education dengan metode Saintifik materi volume bangun ruang untuk siswa SMP kelas VIII. Kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari tiga aspek kualitas yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS. Penilaian kevalidan RPP mendapat skor 83,8 dengan klasifikasi valid. Penilaian kevalidan LKS mendapatkan skor 86 dengan klasifikasi sangat valid. Hasil analisis data angket penilaian kepraktisan guru dan siswa menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran praktis dengan nilai rata-rata total 82,8. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan klasifikasi baik dengan persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mencapai 86,7%. Hasil penilaian kompetensi siswa menunjukkan perangkat pembelajaran sangat efektif dengan ketuntasan klasikal mencapai 82,14%.  
Kata kunci: perangkat pembelajaran, Realistic Mathematics Education, Saintifik, volume bangun ruang

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i7.4566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia