EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODEGUIDED DISCOVERYSETINGSTAD(STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 PAKEM

Septi Nur Hidayati, Endang Listyani

Abstract


Penelitianinibertujuan untuk menguji efektivitas pembelajaran matematika dengan metode guided discovery seting STAD (Student Team Achievement Division) ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakem, D.I. Yogyakarta. Sampel yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas VIII D yang mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan metode guided discovery seting STAD dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan metode ekspositori. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengukur prestasi belajar siswa yang terdiri dari soal pretest danposttest dan instrumen non tes yang berupa angket motivasi danlembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran yang digunakan peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tingkat motivasi belajar siswa setelah pembelajaran matematika menggunakan metode guided discovery seting STAD lebih tinggi secara signifikan dari skor standar minimum (70), 2) tingkat prestasi belajar siswa setelah pembelajaran matematika menggunakan metode guided discovery seting STAD lebih tinggi secara signifikan dari KKM (75), 3) tingkat motivasi belajar siswa setelah pembelajaran matematika menggunakan metode ekspositori lebih tinggi secara signifikan dari skor standar minimum (70), 4) tingkat prestasi belajar siswa setelah pembelajaran matematika menggunakan metode ekspositori efektif lebih tinggi secara signifikan dari KKM (75), 5) pembelajaran matematika menggunakan metode guided discovery seting STAD lebih efektif secara signifikan dibandingkan dengan metode ekspositori ditinjau dari motivasi belajar siswa, 6) pembelajaran matematika menggunakan metode guided discovery seting STAD lebih efektif secara signifikan dibandingkan dengan metode ekspositori ditinjau dari prestasi belajar siswa.
Kata kunci:guided discovery,STAD, motivasi, prestasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i6.4538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia