PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK TOPIK MATRIKS DI SMK KELAS X

Rahma Dewi Indrayanti, Ariyadi Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pendidikan Matematika Realistik untuk topik Matriks di SMK kelas X yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Pengembangan dilakukan berdasarkan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). LKS yang telah dihasilkan diujicobakan di kelas X SMK PIRI 3 Yogyakarta. Kualitas Lembar Kerja Siswa berdasarkan aspek kevalidan memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 4,60 dengan skor maksimal 5 dan memiliki klasifikasi sangat baik. Kualitas Lembar Kerja Siswa berdasarkan aspek kepraktisan memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata angket respon guru 3,75 dengan skor maksimal 4 dengan klasifikasi sangat baik,  skor rata-rata angket respon siswa 3,15 dengan skor maksimal 4 dengan klasifikasi baik, dan rata-rata persentase keterlaksanaan kegiatan pembelajaran adalah 92,22% dengan kriteria sangat baik. Kualitas Lembar Kerja Siswa berdasarkan aspek keefektifan memenuhi kriteria efektif dengan persentase ketuntasan siswa pada post-test adalah 97,30% dengan kriteria sangat baik.
Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendidikan Matematika Realistik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i6.4536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia