PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Diah Hapsari Widyarini, Sugiyono Sugiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS dengan pendekatan kontekstual pada materi Lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII yang memiliki kualifikasi valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar penilaian RPP dan LKS, angket respon siswa dan guru, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa tiga RPP dan lima LKS dengan pendekatan kontekstual yang mencakup tiga KD pada materi Lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII. Perangkat pembelajaran memenuhi kualifikasi valid ditunjukkan oleh skor rata-rata penilaian kevalidan RPP dan LKS secara berurutan yaitu 4,64 dan 4,44 dengan skor maksimal masing-masing adalah 5; memenuhi kualifikasi praktis ditunjukkan oleh skor rata-rata respon siswa dan guru secara berurutan yaitu 4,1 dan 4,25 dengan skor maksimal masing-masing adalah 5, serta persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mencapai 98,04%; dan memenuhi kualifikasi efektif ditinjau dari perolehan hasil tes hasil belajar dengan nilai rata-rata 81,91 dan persentase ketuntasan mencapai 81,25%.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i5.4507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia