PENGEMBANGANBAHANAJARMENGGUNAKANMODELCIRCUIT LEARNINGBERBASISPMRIPADAPEMBELAJARANSISTEMPERSAMAAN LINEARDUAVARIABELKELASVIIISEMESTERI

Rosaini Rosaini, Rusgianto Hari Santosa

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah mengembangkan bahan ajar menggunakan model circuit learning berbasis PMRI pada pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII semester I yang memenuhi kriteria kualitas: valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat langkah: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan dan (4) diseminasi. Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar yang menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS memenuhi kriteria valid yang ditunjukkan dari persentase penilaian ahli yang mencapai 87,27%. LKS memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan penilaian oleh guru dan siswa yang termasuk dalam kategori sangat baik. Produk juga memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan persentase keterlaksanaan pembelajaran yang melebihi 89,52%. LKS memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil Tes Kemampuan Pemahaman Konsep yang terdiri dari Pretest dan Posttest yang melebihi 80%. Berdasarkan hasil produk telah memenuhi kriteria kualitas.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i5.4506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia