KESULITAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PEMFAKTORAN ALJABAR (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 2 KALASAN TAHUN AJARAN 2015/2016)

Arif Nur Fitriyanti, Murdanu Murdanu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kesulitan yang dialami siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kalasan tahun ajaran 2015/2016 dalam menyelesaikan masalah aljabar yang berkaitan dengan konsep dan prinsip pemfaktoran, serta 2) penyebab kesulitan dari diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa. Data kualitatif dikumpulkan dengan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti, tes formatif, dan pedoman wawancara. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa               1) kesulitan yang dialami siswa kelas VIII A tahun ajaran 2015/2016 dalam menyelesaikan masalah aljabar yang berkaitan dengan pemfaktoran adalah: a) dalam penguasaan konsep, siswa masih kesulitan dalam memfaktorkan bentuk aljabar yang menggunakan hukum distributif; b) dalam penguasaan prinsip, siswa masih kesulitan dalam menentukan langkah-langkah memfaktorkan; 2) penyebab kesulitan dari diri siswa yang ditemukan berasal dari faktor intern, yang paling berpengaruh, yaitu siswa belum berani bertanya pada guru ketika mengalami kesulitan belajar dan siswa belum memiliki kesadaran untuk belajar secara rutin.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i5.4503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia