EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X MIA DI MAN 1 YOGYAKARTA

Anwar Rifai, Himmawati Puji Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Spontaneous Group Discussion (SGD) dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain pretest- posttest nonequivalent group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X MIA di MAN 1 Yogyakarta sebanyak 101 siswa. Sampel yang mendapatkan perlakuan pembelajaran TPS dengan pendekatan saintifik adalah siswa kelas X MIA 3 sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen pertama dan siswa kelas X MIA 2 sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen kedua mendapatkan perlakuan pembelajaran SGD dengan pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari soal pretest dan posttest dan instrumen nontes yang berupa skala kepercayaan diri awal dan skala kepercayaan diri akhir, serta lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran yang digunakan peneliti. Hasil penelitian ini dengan taraf signifikasi α=0,05 menunjukkan bahwa : (1) pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TPS dengan pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa, (2) pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TPS dengan pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kepercayaan diri siswa, (3) pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe SGD dengan pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa, (4) pembelajaran menggunakan model kooperatif SGD degan pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kepercayaan diri siswa, (5) pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TPS dengan pendekatan saintifik lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe SGD dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, (6) pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TPS dengan pendekatan saintifik sama efektifnya dengan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe SGD dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kepercayaan diri siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i5.4501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia