PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH TSANAWIYAH SE-KOTA YOGYAKARTA INTEGRATING CHARACTER EDUCATION ON MATHEMATICS LEARNING IN MADRASAH TSANAWIYAH IN THE CITY OF YOGYAKARTA

Rizal Ahmad, Jailani Jailani

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1)  mendeskripsikan pengintegrasian pendidikan karakter pada perencanaan
pembelajaran matematika di MTs se-Kota Yogyakarta, (2) mendeskripsikan pengintegrasian pendidikan karakter
pada  pelaksanaan  pembelajaran  matematika  di  MTs  se-Kota  Yogyakarta,  dan  (3)  mendeskripsikan  hambatanhambatan dalam pengintegrasian pendidikan karakter pada pembelajaran matematika di Madrasah Tsanawiyah se Kota  Yogyakarta.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  deskriptif  yang  dilakukan  melalui  metode  survei  pada  6
(enam)  MTs  yang  ada  di  Kota  Yogyakarta.  Sumber  data  (responden)  dalam  penelitian  ini  adalah  guru  yang
mengajar  mata  pelajaran  matematika  kelas  8  yang  berjumlah  6  orang.  Pengumpulan  data  dilakukan  dengan
menggunakan metode angket, wawancara, dan observasi. Bukti validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi.
Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  teknik  deskriptif,  baik  secara  kuantitatif  maupun  kualitatif.  Hasil
penelitian ini  menunjukkan:  (1) perencanaan pengintegrasian pendidikan karakter pada pembelajaran matemat ika
di MTs se-Kota Yogyakarta adalah 61,11% responden telah melakukan integrasi pendidikan karakter pada silabus,
RPP,  dan  bahan  ajar/LKS,  dengan  rincian:  (a)  83,33%  responden  telah  melakukan  integrasi  pendidikan  karakter
terhadap silabus, (b) 46,67% respo nden telah melakukan integrasi pendidikan karakter terhadap RPP, dan (c) 75%
responden telah melakukan integrasi pendidikan karakter terhadap bahan ajar/LKS, (2) pengintegrasian pendidikan
karakter  pada  pelaksanaan  pembelajaran  adalah  sudah  sangat  baik  (3,39)  menurut  guru  dan  cukup  baik  (2,32)
menurut siswa, dan (3) hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam pengintegrasian pendidikan karakter adalah
guru  kesulitan  dalam  mencari  materi  yang  dapat  dikaitkan  dengan  pendidikan  karakter,  tugas  guru  matematika
yang padat, dan suasana madrasah yang cenderung fokus pada pencapaian prestasi akademik.
Kata kunci: pengintegrasian, pendidikan karakter, pembelajaran matematika
Abstract
This  research  was  aimed  for:  (1)  described  integration  of  character  education  in  preparation
mathematics learning in Madrasah Tsanawiyah (MTs) in the city of Yogyakarta, (2) described integration
of character education on implementation of mathematics learning in MTs in the city of Yogyakarta, and
(3) described constrains in integration of character education on mathematics learning in MTs in the city
of Yogyakarta. The research was descriptive research conducted over the survey on six MTs in the city of
Yogyakarta. The data sources (respondents) in this research were mathematics teachers’grade 8 covering
6 people. Data collection was carried out by using the method survey, interview, and observation. Proof
of  the  validity  of  instruments  performed by  content  validity.  Data  analysis  techniques  that  used  was  a
descriptive technique, both quantitatively and qualitatively. This research result indicated: (1) planning
for integrating character education in mathematics learning in MTs in the city of Yogyakarta was  61,11
% respondents had done integration characters on syllabus, lesson plans, and worksheet, with details: (a)
83,33 % respondents had done integration of character education on syllabus, (b) 46,67 % respondents
had  done  integration  of  character  education  on  lesson  plans,  and  (c)  75  %  respondents  had  done
integration  of  character  education  on  worksheet,  (2)  according  to  teachers  integration  of  character
education in the learning was very good (3,39) and good enough (2,32) according to students, and (3)
constrains  that  faced  by  teachers  in  the  integration  of  character  education  was  teachers’  difficulty  in
finding material that can be attributed to character education, the mathematics teachers’ duties were very
dense, and atmosphere of madrasah that tend to focus on the academic achievement.
Keywords: integration, character education, mathematics learning

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i4.2659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia