PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI GEOMETRI UNTUK SISWA SMA KELAS X THE DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET WITH APPROACH PROBLEM BASED LEARNING SOURCE IN GEOMETRY SUBJECTS FOR GRADE X SENIOR HIGH SCHOOL

Nugraheni Intan Saputri, Himmawati Puji Lestari

Abstract


Abstrak
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengembangkan  Lembar  Kegiatan  Siswa  (LKS)  pada  materi  geometri
dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah untuk siswa SMA kelas X, dan  mengetahui kualitas  LKS yang
dihasilkan  berdasarkan  aspek  kevalidan,  kepraktisan  dan  keefektifan.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian
pengembangan  yang  menggunakan  model  pengembangan  ADDIE  yaitu  meliputi  tahap  Analisis,  Perancangan,
Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi.  Hasil penelitian  dari  tahap analisis meliputi  analisis kebutuhan bahan
ajar,  analisis  kurikulum  dan  analisis  karakteristik  siswa.  Tahap  perancangan  yaitu  menghasilkan  peta  kebutuhan
LKS,  kerangka  LKS,  pengumpulan  referensi,  instrumen  penelitian,  dan  validasi  instrumen.  Pada  tahap
pengembangan meliputi pengembangan,  validasi, dan revisi LKS.  Tahap Implementasi  terdiri dari  melakukan  uji
coba  LKS,  tes  hasil  belajar  dan  angket  respon  siswa.  Tahap  evaluasi  dilakukan  berdasarkan  masukan  yang
diberikan  oleh guru serta data dari angket respon siswa  sehingga menghasilkan LKS yang  lebih baik.  Produk yang
dihasilkan  berupa  Lembar  Kegiatan  Siswa  (LKS)  dengan  pendekatan  berbasis  masalah  pada  materi  geometri.
Menurut ahli materi dan ahli media,  LKS tersebut valid  dan  mencapai klasifikasi baik dengan skor rata-rata 3,73
dari skor maksimal  5. Kualitas LKS dari hasil analisis  angket respon siswa mencapai klasifikasi baik dengan skor
rata-rata 3,09 dari skor maksimal 4, dan menunjukkan bahwa LKS tersebut praktis. Kualitas LKS dari hasil analisis
tes hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan siswa mencapai 78,125%, sehingga menunjukkan bahwa
LKS tersebut efektif.
Kata kunci: pengembangan, LKS, geometri, pembelajaran berbasis masalah, kualitas LKS
Abstract
The  aim  of  this  research  is  to  develop  Students  Worksheet  (LKS)  in  geometry  subject  with  approach
problem  based  learning  for  grade  X  senior  high  school,  and  to  know  the  product  quality  seen  from  validity,
practicability and effectiveness  aspect.  This research is development research. It  uses  ADDIE  development model
which  includes  the  steps  of  Analysis,  Design,  Development,  Implementation,  and  Evaluation.  The  result  of  this
research of the analysis includes analysis of the teach material's necessary, curriculum analysis and analysis of the
student's  characteristics.  The  design  are  results  the  LKS  map's  necessary,  framework  of  LKS,  a  reference
collection,  the  research's  instruments, and instrument validation.  The development includes development of LKS,
validation  of  LKS,  and  revision  of  LKS.  The  implementation  includes  the  trials  LKS,  achievement  test  and
questionnaire's  responses. In the  evaluation  step, which  based on the assessment that obtained by the teachers and
data  of  students questionnaire's  responses,  so results  of LKS in better.  The result of this research is an  Students
Worksheet (LKS) with approach problem  based learning  source in geometry subjects.  According  subject  experts
and media experts, LKS is valid and achieve good classification with an average score of 3.73 out of a maximum
score  of  5.  The  quality  of  LKS  from  the  results  of  the  analysis  students  questionnaire  responses  achieve  good
classification with an average score of 3.09 out of a  maximum score of 4 and refer  that the practical worksheets.
The  quality  of LKS from  the results of  learn by  students  results  test shows  the  percentage of student's achieve  is
78.125%, this is refer that the LKS is effective.
Keywords: development, student worksheets, geometry, problem based learning, the quality of LKS

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i3.2611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia