PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA SMP KELAS VIII LEARNING DEVICE DEVELOPMENT WITH PROBLEM SOLVING APPROACH TO IMPROVE COMPREHENSIVE SKILL OF THE CONCEPT OF POLYHEDRAL OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS GRADE EIGHT

Kukuh Roh Aji, Marsigit Marsigit

Abstract


Abstrak
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menghasilkan  perangkat  pembelajaran  berupa  RPP  dan  LKS
menggunakan  Pendekatan  Problem  Solving  untuk  meningkatkan  kemampuan  pemahaman  konsep  pada
materi  bangun  ruang  sisi  datar  siswa  SMP  kelas  VIII.  Selain  itu,  penelitian  ini  juga  bertujuan  untuk
mendeskripsikan  kualitas  perangkat  pembelajaran  yang  dikembangkan  ditinjau  dari  aspek  kevalidan,
kepraktisan dan keefektivan.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  pengembangan  dengan  model  pengembangan  ADDIE  yang
meliputi  analysis,  design,  development,  implementation,  dan  evaluation.  Tahap  analysis  terdiri  dari:  a)
analisis kebutuhan; b) analisis kurikulum; dan c) analisis karakteristik siswa. Tahap design terdiri dari: a)
perancangan  RPP;  b)  perancangan  LKS;  c)  perancangan  instrumen  dan  validasi  instrumen  penilaian
perangkat pembelajaran. Pada tahap development dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran serta
validasi. Pada tahap implementation terdiri dari: a) ujicoba perangkat pembelajaran; b) tes pemahaman
konsep; c) pengisian lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; d) pengisian angket respons siswa;
e) analisis data. Pada tahap evaluation dilakukan revisi perangkat pembelajaran.
Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS menggunakan pendekatan
Problem  Solving  untuk  meningkatkan  kemampuan  pemahaman  konsep  pada  materi  bangun  ruang  sisi
datar siswa SMP kelas VIII. Hasil penilaian perangkat pembelajaran yang dilakukan menunjukkan bahwa
RPP  yang  dikembangkan  sangat  baik  dengan  skor  66,50.  Sedangkan  LKS  yang  dikembangkan,
berdasarkan ahli materi adalah Sangat baik dengan skor 43 dan ahli media adalah sangat baik dengan skor
52.  Dengan  demikian  perangkat  pembelajaran  dikatakan  valid  karena  memenuhi  klasifikasi  minimal
“Baik,”  Berdasarkan  lembar  keterlaksanaan  pembelajaran  diperoleh  presentase  keterlaksanaan  sebesar
80%  dengan  klasifikasi  “Baik,”  angket  respon  dengan  skor  67,14  dengan  klasifikasi  “Baik.”  Dengan
demikian  perangkat  pembelajaran  dikatakan  praktis  karena  memenuhi  klasifikasi  minimal  “Baik”.
Analisis  hasil  pre-test  dan  post-test  menunjukkan  perangkat  pembelajaran  efektif  meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep matematika karena rata-rata post-test dengan nilai 77,96 lebih besar dari
rata-rata  pre-test  dengan nilai 39, serta persentase ketuntasan  post-test  sebesar 70,37% dengan klasifikasi
“Baik.”
Kata kunci: perangkat pembelajaran, Problem Solving, Pemahaman Konsep, Bangun ruang sisi datar
Abstract
This research aims to produce learning materials in form of lesson plans and worksheets using
Problem Solving approach to improve comprehensive skill of concept of Polyhedral of junior high school
students grade eight. In addition, this research also aims to describe the developed learning materials
quality in terms of the aspect of validity, practicability and effectiveness.
This research is the development research of ADDIE development model which includes analysis,
design, development, implementation, and evaluation. Stage of  analysis consists of: a) analysis of needs;
b) analysis of the curriculum; and c) analysis of the characteristics of the students. Stage of design
consists of: a) designing lesson plans; b) designing worksheets; c) designing instruments and validating
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Edisi ... Tahun ..ke.. 20...  4
assessment instruments of the learning device. At the development stage, learning instruments
development and validation was done. Implementation stage consists of: a) testing the learning device; b)
testing concepts comprehension; c) filling the implementative learning observation sheets; d) filling the
questionnaire of students’ responses; e) analysis of the data. At the evaluation stage, learning device was
revised.
This research produced learning materials in form of lesson plans and worksheets using Problem
Solving approach to improve comprehensive skill of concept of Polyhedral of junior high school students
grade eight. The results of the learning device assessment showed that the developed lesson plans was
very good with the score of 66.50. While the developed worksheets, based on some material experts was
very good with the score of 43 and some media experts was very good with the score of 52. Thus, the
learning materials considered valid because they meet the minimum classification "Good," Based on the
implementative learning sheets obtained the implementative percentage of 80% with the classification
"Good," the questionnaire of responses with the score of 67.14 with the classification "Good." Thus, the
learning materials considered practical because they meet the minimum classification "Good". The
analysis of pre-test and post-test result showed the learning materials was effective for improving
mathematical concept understanding because the average post-test with the value of 77.96, bigger than
the average pre-test with the value of 39, as well as the percentage of post-test completeness of  70.37%
with the classification "Good.
Keywords: Learning Materials, Problem Solving, Concepts Comprehension, Polyhedral.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i3.2608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia