PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI HIMPUNANUNTUK SISWA SMP KELAS VII DEVELOPING PROBLEM BASED LEARNING MATERIAL OF SETS FOR 7 TH GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Amalia Annisa, Heri Retnawati

Abstract


Abstrak
Penelitian  ini  bertujuan untuk  menghasilkan  bahan  ajar  dengan  pendekatan  berbasis  masalah  pada
materi  himpunan  untuk  siswa  SMP  kelas  VII  dan  mengidentifikasi  kualitas  dari  bahan  ajar  yang  telah
dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  pengembangan  yang  mengacu  pada  model  pengembangan
ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini
adalah satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, satu guru matematika dan siswa kelas VIIA di SMP
Terpadu Ma’arif Muntilan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian kualitas
bahan ajar untuk ahli materi dan ahli media, angket respon guru, serta angket respon siswa.
Pengembangan bahan ajar menerapkan tahapan pendekatan berbasis masalah yaitu penyajian masalah
di awal, pengekplorasian masalah, pendiskusian hasil penyelesaian, penarikan kesimpulan serta penyajian
hasil penyelesaian.Hasil penilaian kualitas bahan ajar adalah sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil penilaian
oleh ahli materi rata-rata total adalah 3,56 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli
media  diperoleh  rata-rata  total  2,93  dengan  kriteria  baik  sehingga  bahan  ajar  dikategorikan  valid.  (2)
Berdasarkan  angket  respon  siswa,  diperoleh rata-rata  total  3,06  dengan  kriteria  baik  sehingga  bahan  ajar
dikategorikan praktis. (3) Berdasarkan hasil tes siswa diperoleh persentase jumlah ketuntasan siswa adalah
90% sehingga bahan ajar dapat dikategorikan efektif.
Kata kunci:Pengembangan bahan ajar, Pembelajaran berbasis masalah, Himpunan
Abstract
This research is aimed to produce learning material of sets using problem based learning approach
for  7
th
grade  junior  high  school  students  and  to  identify  the  quality  of  the  developed  learning  material
based on validity, practicality, and effectiveness aspects.
This  is  research  and  development  type  using  ADDIE  model  i.e.  Analyze,  Design,  Development,
Implementation,  and  Evaluation.  The  subjects  of  this  research  are  material  expert,  media  expert,
mathematics teacher and students of class VIIA of SMP TerpaduMa’arif Muntilan. The instruments of this
research are the learning materials’ quality evaluation sheets for materials and media experts, teacher’s
response questionnaire and students’ response questionnaire.
The  developing  learning  material  applies  problem  based  learning  approach’s  steps  i.e.  presenting
problems at first, exploring the problems, discussing the solution, making conclusion, and presenting the
solution.  The  results  of  learning  material  quality’s  evaluation  are:  (1)  The  evaluation  of  material  expert
shows the total score rate is 3.56 with very good criteria. The evaluation of media expert shows the total
score rate is 2.93 with good criteria. It is concluded that the learning material is valid. (2) The result of
students’ response questionnaire shows the total score rate is 3.06 with good criteria. It is concluded that
the learning material is practical. (3) The result of students’ test shows the percentage of students who pass
the test is 90%. It is concluded that the learning material is effective for learning activity.
Keywords : Developing Learning Material, Problem Based Learning, Sets

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i3.2597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia