PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

Sania Azzura Khoirunisa, Mathilda Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Geogebra terhadap pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta dengan Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Untuk menarik kesimpulan data dianalisis menggunakaan uji T2 Hotelling dan uji  Independent Sample T-Test. Hasil dari penelitian ini  (1) Model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kritis, (2) Model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa, (3) Model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


problem based learning; pemahaman konsep matematis; kemampuan berpikir krtitis

References


Hidayat, R., et al. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(2), 127-133.

Nugraha, D., Astawa, I., & Ardana, I. (2019). Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap pemahaman konsep dan kelancaran prosedur matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 75-86.

Pamungkas, M. D., Rahmawati, F., & Santoso, E. (2020). Implementasi Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Ruang. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(2), 107-116.

Rahmadayanti, Dewi, and Agung Hartoyo. Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 4, 2022, pp. 7174-7187, doi:10.31004/basicedu.v6i4.3431

Schliemann, A. D. (2002). Representational tools and mathematical understanding. Journal of the Learning Sciences, 11(2-3), 301-317.

Setyaningsih, T., & Abadi, A. (2018). Keefektifan PBL seting kolaboratif ditinjau dari prestasi belajar aljabar, kemampuan berpikir kritis, dan kecemasan siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 190-200. doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.11300.

Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021, August). Merdeka belajar: kajian literatur. In UrbanGreen Conference Proceeding Library (pp. 183-190).

Syahbana, A. 2016. Belajar Menguasai Geogebra (Program Aplikasi Pembelajaran Matematika). Palembang: NoerFikri Offset.

Vebrianto, R., & Susanti, R. (2021). Problem Based Learning Untuk Pembelajaran Yang Efektif Di SD/MI. CV. DOTPLUS Publisher.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i1.20079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia