ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIS BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Farah Dita Nabiila, Endang Listiyani

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan literasi siswa ditinjau dari gaya belajar; (2) mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematis berdasarkan prosedur Newman ditinjau dari gaya belajar; dan (3)  mengetahui penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematis berdasarkan prosedur Newman ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berjenis studi kasus dan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Tegal yang berjumlah 53 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, tes, dan wawancara yang dianalisis berdasarkan teknik analisis oleh Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gaya belajar yang dimiliki oleh siswa adalah visual, auditorial, kinestetik, visual-kinestetik, dan auditorial-kinestetik; 2) siswa bergaya belajar visual memiliki kemampuan literasi matematis paling baik karena mencapai paling rendah level ke-3 dan paling tinggi level ke-4; dan 3) siswa bergaya belajar kinestetik melakukan kesalahan paling banyak. Kesalahan terletak pada kelima tahapan Newman; (4) faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematis ditinjau dari gaya belajar cenderung sama, yaitu siswa kurang menguasai materi pola bilangan dengan baik dan siswa merasa terburu-buru pada saat mengerjakan soal.


References


Edimuslim, dkk. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2).

Hamidah, Allinda. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. CENDEKIA: Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam, 10(2).

Janah, S. R., dkk. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Matematika Nasional UNNES, Semarang.

Masfufah & Afriansyah. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2).

Nurvicalesti, N., dkk. (2019). Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) berpendekatan Realistik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika UNNES, Semarang.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do Student. PISA, OECD Publishing.

Priyatna, Andri. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak! (Memaksimalkan Potensi Anak dengan Modifikasi Gaya Belajar). Jakarta: Gramedia.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rosanggreni, Bunga Yana. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bahasan SPLDV Berdasarkan Newman's Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Gaya Belajar. Skripsi. Universitas Jember.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanti. (2019). Newman Prosedur Dalam Menganalisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1).

Tekaeni, dkk. (2020). Deskripsi Newman’s Error Analysis dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Peserta Didik Kelas VIII D SMP Institut Indonesia Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i1.18664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia