Pengaruh strategi thinking aloud pair problem solving (TAPPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah siswa SMA

Nur Huda, Endang Listiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran TAPPS ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah siswa SMA. Penelitian ini adalah quasi eksperimen, sedangkan untuk populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Ngemplak. Sampel yang diberikan perlakuan adalah siswa kelas X IPS 1 yang mendapat perlakuan pemvelajaran dengan strategi TAPPS sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah siswa, serta lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran yang digunakan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) pembelajaran dengan stratefu TAPPS berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) pembelajaran dengan strategi TAPPS berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.


Full Text:

PDF

References


Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. [Versi elektronik]. Dept of Physics, Indiana University, 1-4.

Kemendikbud. (2006). Undang-Undang RI Nomor 22 tahun 2006. [Versi elektronik]. Tentang Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah

Kyungmoon, J. (2005). The Effect of Thinking Aloud Pair Problem Solving on High School Student’s Chemistry Problem-Solving Performance and Verbal Interactions. [Versi elektronik].

Journal of Chemical Education Research, Vol 82

NCTM. (2000). Prinsiple and Standards for school mathematic. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabet.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v8i1.18557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pedagogi Matematika




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia