Pengembangan LKPD model PBL berbasis STEM dengan menggunakan aplikasi desmos untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis

Inayah Meityastuti, Ariyadi Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa LKPD model PBL berbasis STEM dengan aplikasi desmos pada materi segiempat dan segitiga untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang layak ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran. Jenis penelitain yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan menggunakan model ADDIE yang melipti 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Lokasi penelitian ini berada di MTS N 3 Sleman, subjek yang digunakan adalah kelas VIIA. Instrumen yang  digunakan berupa angket validasi ahli, angket respon guru, angket respon peserta didik dan tes kemampuan berpikir kritis yang diberikan kepada peserta didik sesudah uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah saran dari validator, guru, dan peserta didik kemudian kelayakan produk ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan serta hasil tes berupa angket dan tes. Pengujian kelayakan media pembelajaran menggunakan uji one sample t-test. Hasil pengembangan LKPD model PBL berbasis STEM dengan aplikasi desmos pada materi Segiempat dan segitiga dinyatakan layak untuk digunakan  serta dinyatakan valid. Hasil validasi mendapat skor 4,1 dengan kategori “layak”. LKPD dinyatakan praktis dengan skor 4,0 dengan kategori praktis.


Full Text:

XML PDF

References


Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas). (2006). Permendiknas.

Abdullah, I. H. (2013). BERPIKIR KRITIS MATEMATIK. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 66-75.

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains terknologi Masyarakat pada Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 191-202.

Cecep Kustandi, D. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada Media.

Choy, C., & Cheah, P. K. (2009). Persepsi Guru Berpikir Kritis Pada Siswa dan Pengaruh pada Pendidikan Tinggi. Jurnal Internasional Mengajar dan Belajar di Pendidikan Tinggi, 198-206.

Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Dywan, A. A., & Airlanda, G. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM dan tidak Berbasis STEM terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. Basicedu, 344-354.

Ennis, R. (2011). Critical thinking: Reflection and perspective Part II. Inquiry: Critical thinking across the disciplines. 5-19.

Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking. Prentice Hall.

Fitriani, D., I, K., & I.R, S. (2017). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan STEM pada Konsep Tekanan Hidrostatis terhadap Causal Reasoning Siswa SMP. Bandung: Prosiding Seminar Nasional Fisika.

Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica, 44.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 30-41.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

NCTM. (2000). Principles and Standard for School Mathematics. Reston.

Nurhayati, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 155-158.

OECD. (2018). PISA Result in Focus.

Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan. Ar-Ruzz Media, 205-206.

Rusman, D. K. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasidan Komunikasi. Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmana, R. W. (2017). Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) sebagai alternatif dalam mengembangkan minat belajar Peserta Didik Sekolah Dasar . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 191-199.

Syukri, M., Halim, S., & Subahan. (2013). Pendidikan STEM dalam Entrepreneurial Science thinking “EscIT”. Aceh Development International Conference, 109.

UUD. (1945). Patent No. UUD 1945. Jakarta.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 23-27.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN GUNA MENNGKATKAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23-27.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer; Suatu Tinjauan Konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Penelitian. Pustaka Pelajar, 22.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v8i1.18555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pedagogi Matematika




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia