Pengaruh media pembelajaran geogebra berbasis cotextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan spasial pada materi bangun ruang sisi datar

Imam Ahmad Ghalib, Ali Mahmudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran GeoGebra berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan spasial. Jenis penelitian ini kuasi eksperimen yang didesain dalam bentuk Control-Group Pretest-Posttest Design, dilakukan pada siswa kelas VIII Leonardo da Vinci dan VIII Charles Darwin SMP 1 Pangkajene. Terdapat 3 hipotesis pada penelitian ini, uji hipotesis menggunakan uji non para metrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran GeoGebra berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan spasial, pada pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan spasial pada kelas eksperimen dengan KKM yang ditentukan (75), pada hipotesis kedua persentase siswa yang tuntas pada kelas eksperimen pada posttest  , dan pada hipotesis ketiga terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata posttest kemampuan spasial kelas eksperimen dan rata-rata posttest kemampuan spasial kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran GeoGebra berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan visual spasial siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar.


Full Text:

PDF

References


Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Freudenthal, H. (1973). Mathematics as an Educational Task. Reidel: Dordecht, The Netherlands.

Kartono, K. (2010). Hands On Activity Pada Pembelajaran Geometri Sekolah Sebagai Asesmen Kinerja Siswa. [Versi Elektronik]. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(1).

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013: Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21, tahun 2016, tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lubis, S. W. (2015). Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) di Kelas VIII SMP Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2014/2015. (Disertasi doktor, Universitas Negeri Medan, 2015).

Mahmudi, A. (Juli 2011). Pemanfaatan GeoGebra dalam pembelajaran matematika. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika, di Universitas Negeri Yogyakarta.

Maier, P. H. (Maret 1996). Spatial geometry and spatial ability–How to make solid geometry solid. Makalah disajikan dalam the Annual Conference of Didactics of Mathematics (pp. 63-75), di Pädagogische Hochschule Freiburg.

Olkun, S., et al. (Juni 2008). Pre-service classroom teachers’ learning of spatial skills through geometric transformations–USA and Turkey. Makalah disajikan dalam EdMedia+ Innovate Learning (pp. 5709-5713), di Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).

Prakoso, W. D., et al. (November 2015). Peningkatan Kemampuan Spasial Matematis Melalui Pembelajaran Geometri Berbantuan GeoGebra. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (pp. 499-504), di Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v8i1.18552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pedagogi Matematika




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia