EFEKTIVITAS MODEL PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN RASA INGIN TAHU SISWA MTS NEGERI 5 SLEMAN

Diyah Wahyu Utami , Dr. Djamilah Bondan Widjajanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model penemuan terbimbing dalam pendekatan saintifik ditinjau dari pemahaman konsep matematika dan rasa ingin tahu siswa MTS Negeri 5 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII MTS Negeri 5 Sleman semester II Tahun Ajaran 2017/2018 dengan sampel siswa kelas VII D. Kelas VII D diberi perlakuan berupa pembelajaran dengan model penemuan terbimbing dalam pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest dan posttest berbentuk isian singkat dan uraian untuk mengukur pemahaman konsep matematika, angket rasa ingin tahu siswa, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan taraf signifikan 5%, dapat disimpulkan bahwa model penemuan terbimbing dalam pendekatan saintifik efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematika dan tidak efektif ditinjau dari rasa ingin tahu siswa kelas VII MTS Negeri 5 Sleman pada materi Segiempat dan Segitiga.

 

Kata kunci: model penemuan terbimbing, pemahaman konsep matematika, rasa ingin tahu

 

Abstract

The aim of this study was to know the effectiveness of mathematics teaching using guided discovery learning model in scientific approach in terms of mathematics conseptual understanding and curiosity of MTS Negeri 5 Sleman’s students.  This study was a pre-experimental research using one group pretest posttest design. Population of the study was all students of 7th grade of MTS Negeri 5 Sleman in the second semester 2017/2018 academic year. The sample of the study was students of class VII D. They were taught using guided discovery learning model in scientific approach. The instruments consisted of pretest-posttest questions to measure mathematics conceptual understanding, questionnaire to measure student’s curiosity before and after treatment, and learning implementation observation sheet. Based on hypothesis test at the significance level of 5%, it can be concluded that guided discovery learning model in scientific approach was effective in terms of mathematics conceptual understanding and not effective in terms of curiosity of class VII students on the topic Rectangular and Triangle.

 

Keywords: guided discovery, mathematics conseptual understanding, curiosity

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i5.11315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia