KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Azizah Pusparini , Dr. Jailani

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keefektifan pembelajaran matematika materi segiempat dan segitiga dengan menggunakan pendekatan contextual teaching learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, (2) keefektifan pembelajaran matematika materi segiempat dan segitiga dengan menggunakan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, (3) manakah yang lebih efektif antara pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan contextual teaching learning dengan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment.

 

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan contextual teaching learning efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah; (2) pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan saintifik tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah; (3) pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan contextual teaching learning lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah.

Kata kunci: contextual teaching learning, saintifik, pemecahan masalah.

 

 

Abstract

 

This research aims to describe (1) the effectiveness of mathematics learning using contextual teaching learning approach in terms of problem solving ability, (2) the effectiveness of mathematics learning using scientific approach in terms of problem solving ability, (3) which is more effective between mathematics learning using contextual teaching learning approach and mathematics learning using scientific approach in terms of problem solving ability. Data analysis technique which are used in this research are descriptive analysis and statistic analysis. The results show that (1) mathematics learning using contextual teaching learning approach is effective in terms of problem solving ability; (2) mathematics learning using scientific approach is ineffective in terms of problem-solving ability; (3) mathematics learning using contextual teaching learning approach more effective compared with mathematics learning using scientific approach in terms of problem solving ability.

Keywords: contextual teacing learning, scientific, problem solving

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i5.11313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia