PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN SETTING THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII

Eka Dina Kamalina Tuharto, M.Si.

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS yang berbasis pendekatan penemuan terbimbing dengan setting think-pair-share (TPS) dan berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII, serta untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan lembar penilaian LKS untuk mengetahui kevalidan perangkat, angket respon siswa untuk mengetahui kepraktisan perangkat, serta tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui keefektifan perangkat. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh LKS berbasis pendekatan penemuan terbimbing yang membimbing siswa menemukan konsep dan menemukan prosedur penyelesaian masalah. Serta diperoleh RPP dengan setting TPS yang pada kegiatan inti memuat dua siklus pembelajaran TPS. Secara umum, kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori baik, dengan rincian perolehan skor masing-masing aspek adalah 4,2 dari skor maksimal 5; 2,9 dari skor maksimal 4; dan persentase ketuntasan 68%.

 

Abstract

This research aims to develop a mathematics learning devices in the form of Lesson Plan and Students Worksheet based on guided discovery approach with think-pair-share settings and oriented to problem solving skills of grade VIII students. This research also aims to determine the quality of learning tools developed in terms of validity, practicality, and effectiveness. Procedure of development learning devices was using ADDIE model that is Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The instruments used in this research are Lesson Plan assessment sheets and Students Worksheet assessment sheets to know the validity of the device, the student's response questionnaire to determine the practicality of the device, as well as the problem solving test to determine the effectiveness of the device. The results of this study are learning tools in the form of Lesson Plan with think-pair-share settings and Students Worksheet based on guided discovery approach with good quality and good categorization, with the score of each is 4.2 of the maximum score 5. The quality of the practicality of developed learning devices obtained score of 2.9 from a maximum score of 4, and the percentage of complete problem-solving skills of 68%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i5.11311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia