PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII

Isna Nur Hasanah Hariningrum , Dr. Sugiman

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran metakognitif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Seyegan, dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII B (kelas eksperimen) dan kelas VIII E (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa, soal pretest-posttest kemampuan penalaran matematis dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Data hasil penelitian diolah menggunakan uji One Sample T-Test dan uji Independent Sample T-Test. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan bahwa strategi metakognitif tidak berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP Kelas VIII. Strategi metakognitif tidak berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis karena adanya pengurangan jam pelajaran dan tidak terlaksananya kegiatan monitoring pada salah satu pertemuan pembelajaran.

 

Kata kunci: Strategi, Metakognitif, Kemampuan Penalaran Matematis

 

Abstract

The purpose of this research is to determine the effect of metacognitive learning strategy based on mathematical reasoning skill for VIII grade junior high students. This research is a quasi-experiment research with pretest-posttest nonequivalent control group design. The population of this research is all students of the VIII grade students of SMP Negeri 1 Seyegan, with the sample of research is the students of VIII B class (experimental class) and VIII E class (control class). The instruments used in this research are lesson plan, student worksheet, pretest-posttest mathematical reasoning skill, and instructional learning sheets. The result data was processed using One Sample T-Test and Independent Sample T-Test. Based on hypothesis testing used the significance level of 5% can be concluded that metacognitive learning strategy has no effect on mathematical reasoning skill for VIII grade junior high students. Metacognitive learning strategy has no effect on mathematical reasoning skill because of the reduction of lesson time and the failure of monitoring activities in one of the learning meetings.

 

Keywords: Strategy, metacognitive, mathematical reasoning skill


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i5.11191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia