PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN ALJABAR DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA KELAS XI

Ika Agustina Fitriani , Dr. R. Rosnawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada topik aljabar kelas XI, dan (2) mendeskripsikan tingkat kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari analysis (analisis), design (perencanaan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan, angket penilaian kepraktisan oleh guru dan oleh siswa untuk mengukur kepraktisan, dan tes kemampuan komunikasi matematika untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran dikatakan valid dan praktis jika memenuhi kriteria minimal valid dan praktis, sedangkan dikatakan efektif jika persentase ketuntasan siswa yang mencapai KKM lebih dari 75%. Hasil penilaian kevalidan, perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan perolehan skor rata-rata RPP 4.18 pada skala 5 dan LKPD 4.19 pada skala 5. Berdasarkan hasil penilaian kepraktisan, perangkat pembelajaran memenuhi kriteria sangat praktis  dengan perolehan skor rata-rata angket kepraktisan guru 3.72 pada skala 4 dan angket kepraktisan siswa 3.22 pada skala 4. Berdasarkan penilaian keefektifan dari tes kemampuan komunikasi matematika, perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif dengan persentase ketuntasan mencapai 75%.

 

Kata kunci: perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik, kemampuan komunikasi matematika

 

Abstract

This research aims: (1) to produce mathematics learning material that includes lesson plan and student worksheets using scientific approach to improve mathematics communication skill with algebra topic in grade XI, and (2) to know the quality of learning material in the aspects of validity, practicality, and effectiveness. The developing model was ADDIE’s model, consisting of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The instruments used in this research were validation sheets for measuring the validity for the learning material, teachers’ questionnaire and students’ questionnaire for measuring the practicality, and mathematic communication skill test for measuring the effectiveness of the learning material. From the validation assessment, the lesson plan is “valid” with the score of 4.18 on a scale of 5 and student worksheets is “valid” with the score of 4.19 on a scale of 5. Based on the result of practicality assessment, teachers’ questionnaire obtain a score 3.72 on a scale of 4 with “very practical” and students’ questionnaire obtain a score 3.22 on a scale of 4 with “practical”. Based on the result of effectiveness assessment using mathematics communication skill test, the level of completeness was 75%.

 

Keywords: learning material, scientific approach, mathematic communication skill


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i4.11190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia