EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI GARIS DAN SUDUT

Erfiana Nur Laila , Fitriana Yuli S

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery Learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP pada materi garis dan sudut, serta mengetahui apakah model pembelajaran penemuan terbimbing lebih efektif daripada model pembelajaran saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP pada materi garis dan sudut. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wonosari yang terdiri dari lima kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) model pembelajaran penemuan terbimbing efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis; 2) model pembelajaran saintifik efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis; 3) model pembelajaran penemuan terbimbing lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis. Dengan demikian, model pembelajaran penemuan terbimbing layak digunakan sebagai model pembelajaran ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis.

 

Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah, Penemuan Terbimbing

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of guided discovery learning model on the mathematical problem solving ability of the 7th grade jhs on line and angle materials, and to know whether the guided discovery learning model is more effective than the scientific learing model to the ability of mathematical problem solving of the 7th grade jhs in the line and angle material. The type of this research is quasi experiment with the population of the research is all 7th grade students  of jhs 4 Wonosari which consists of five classes. The results of this study showed that 1) the guided discovery learning model is effective in terms of mathematical problem solving ability; 2) the scientific learning model is effective in terms of mathematical problem solving ability; 3) the guided discovery learning model is more effective than the scientific learning model in terms of mathematical problem solving ability. Thus, the guided discovery learning model is appropriate to be used as a learning model in terms of mathematical problem solving abilities.

 

Keywords: Problem Solving Ability, Guided discovery


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i4.11188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia