PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA BERORIENTASI PADA PRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP KELAS VII

Ika Nailatul Muna , Wahyu Setyaningrum

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model ADDIE yang bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan multimedia pembelajaran berbasis website materi segiempat dan segitiga berorientasi pada prestasi dan kemandirian belajar siswa dengan subjek siswa kelas VII-F dan VII-G SMPN 1 Piyungan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian media, angket respon siswa dan guru, tes prestasi belajar dan angket kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) multimedia pembelajaran berbasis website memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata yaitu 3,50 dari skor maksimal 4,00, (2) multimedia pembelajaran berbasis website memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata respon siswa 2,84 dengan kriteria praktis dan skor rata-rata respon guru 3,10 dari skor maksimal 4,00, (3) multimedia pembelajaran berbasis website memenuhi kriteria efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa dengan persentase ketuntasan siswa yaitu 62% yang berarti ketuntasan belajar siswa baik dan memenuhi kriteria efektif ditinjau dari kemandirian belajar siswa dengan 67% siswa memiliki kemandirian belajar minimal tinggi.

 

Kata kunci: Kemandirian Belajar, Multimedia Pembelajaran, Prestasi Belajar, Website.

 

Abstract

This research aims to describe the validity, practicality, and effectivity of website-based multimedia learning quadrilateral and triangle material oriented to student achievement and independency with ADDIE model procedure. The subject of this research was VII-G and VII-F students of 1 Piyungan Junior High School. The data were collected using: 1) media validation sheet, 2) questionnaires of student’s and teacher’s responses, 3) test of learning achievement, and 4) questionnaire of student independency. The results of this research are (1) website-based multimedia learning meet the valid criteria with average score 3,50 from maximum score 4,00, (2) website-based multimedia learning meet the practical criteria with the score of student’s responses 2,84 and the score teacher’s responses 3,10 from maximum score 4,00, (3) website-based multimedia meet the effective criteria showed by mastery learning of student is 62% and meet the effective criteria showed by 67% of students have a good and very good learning independency.

 

Keywords: Learning Achievement, Multimedia Learning, Student Independency, Website.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i4.11184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia