Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika Wajib Kelas X SMA

‘Azzanie Karima Arroida , Endah Retnawati, Ph.D

Abstract


Abstrak                                                             

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kualitas buku teks pelajaran matematika wajib kelas X SMA yang mencakup aspek materi, bahasa, penyajian materi dan kegrafikaan. Analisis buku teks dilakukan untuk setiap indikator berdasarkan rumusan Kurikulum 2013, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, serta mempertimbangkan kompetensi abad 21. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui kualitas buku teks serta mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan dalam buku teks yang mencakup aspek materi, bahasa, penyajian materi, dan kegrafikaan. Objek penelitian ini adalah buku teks pelajaran matematika wajib kelas X SMA yang diterbitkan oleh Erlangga dan ditulis oleh Sukino. Buku teks ini digunakan dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Terdapat dua instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu: (1) instrumen penilaian buku yang diisi oleh peneliti dan guru dan (2) instrumen penggunaan buku yang diisi oleh siswa sebagai pengguna buku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks pelajaran matematika yang dianalisis menunjukkan kriteria baik yaitu mendapat skor penilaian dari peneliti dan guru yaitu 81,00 dari skor maksimal 100,00 dan skor penilaian penggunaan buku dari siswa yaitu 50,83 dari skor maksimal 68,00. Kelebihan dan kekurangan dianalisis untuk setiap indikator. Buku teks pelajaran menunjukkan kriteria baik sehingga baik digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran matematika di kelas.

Kata kunci : analisis buku teks  matematika, aspek materi, aspek bahasa, aspek penyajian materi, aspek kegrafikaan

 

Analysis of 10th Grade Mathematics Textbooks

 

Abstract

The aims of this research is describe the quality of 10th grade mathematics textbooks includes content aspect, language aspect, presentation aspect, and graphical aspect. Textbooks analysis is conducted for each indicator based on the formulation of Curriculum 2013, curriculum and book center, and considering 21st century competence. This research is a descriptive research of qualitative and quantitative to know the quality of textbooks and describe the advantages and disadvantages in textbooks includes content aspect, language aspect, presentation aspect, and graphical aspect. The object of this research is the textbooks of mathematics lesson for 10th grade, that published by Erlangga and written by Sukino. This textbooks is used on mathematics learning activity in SMA Negeri 5 Yogyakarta. There are two instruments that were used to gather data, namely: (1) textbooks assessment which was filled by researcher and teacher and (2) textbooks usage assessment which was filled by students who use this textbooks. The results of this research indicate that the textbooks of mathematics lesson showed good criteria. The obtained score from textbooks assessment is 81,00 of 100,00 and the obtained score from textbooks usage assessment is 50,83 of 68,00. Advantages and disadvantages from this textbooks analyzed for each indicator. The mathematics textbooks shows good criteria so that it is well be used on mathematics learning activity in the class.

Kata kunci : analysis of mathematics textbook, content aspect, language aspect, presentation aspect, graphical aspect


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i3.10785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia