EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Melania Desta Maharani , Rosita Kusumawati

Abstract


Abstrak

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan model pembelajaran Examples Non Examples ditinjau dari pemahaman konsep siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kalasan, Sleman, Yogyakarta pada tahun pelajaran 2016/2017 dengan sampel yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Examples Non Examples dan VII E sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran saintifik. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) model pembelajaran Examples Non Examples efektif ditinjau dari pemahaman konsep siswa. (2) pembelajaran saintifik efektif ditinjau dari pemahaman konsep siswa. (3) Model pembelajaran Examples Non Examples lebih efektif daripada pembelajaran saintifik ditinjau dari pemahaman konsep siswa.

 

Kata kunci: Examples Non Examples, pemahaman konsep

 

Abstract

This quasi-experiment study was aimed to examine the effectiveness of learning with Examples Non Examples learning model in terms of understanding the concept of students. Population in research is the 7th grade students in SMP N 2 Kalasan, Sleman, Yogyakarta in the lessons 2016 / 2017. From the class VII F as a class experiment whose were given treatment Examples Non Examples learning model and VII E as a class control whose were given scientific learning. An instrument used is the test understanding the concept of students and the resembling of observation learning. The results of these research is (1) Examples Non Examples learning model is effective seen from the student’s understanding of the concept; (2) scientific learning is effective seen from the student’s understanding of the concept; (3) Examples Non Examples learning model is more effective than scientific learning seen from the student’s understanding of the concept.

 

Keywords: Examples Non Exampels, understanding of the concept


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i2.10700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia