PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN RME MATERI PENYAJIAN DATA YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Fajar Yanuar , Fitriana Yuli S., M.Si

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS dengan pendekatan matematika realistik yang berorientasi pada kemampuan komunikasi matematis siswa materi penyajian data untuk siswa kelas VII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa RPP dan LKS matematika pada materi penyajian data untuk kelas VII SMP dengan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKS oleh ahli untuk aspek kevalidan, lembar angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk aspek kepraktisan, serta tes komunikasi matematis siswa berupa empat soal uraian untuk aspek keefektifan yang dianalisis menggunakan ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan RPP dan LKS memenuhi kriteria sangat baik, sedangkan aspek kepraktisan berdasarkan angket respon siswa memenuhi kriteria baik dan penilaian observasi keterlaksanaan pembelajaran memenuhi kriteria sangat baik. Sementara itu, aspek keefektifan pembelajaran memenuhi kriteria sangat efektif dengan persentase ketuntasan belajar 83,33%.

 

Kata kunci: perangkat pembelajaran, pengembangan, matematika realistik, penyajian data.

 

Abstract

This study aims to produce leraning kits consist of lesson plan (RPP) and student worksheet (LKS) with realistic mathematic approach oriented from students mathematical communication skills for the topics presentation of data at junior high school grade VII that valid, practical, and effective. This type of research is a development study. Produce that developed on this research is lesson plan (RPP) and student worksheet (LKS) mathematics for the topics presentation of data at junior high school grade VII with realistic mathematics approach. This research uses ADDIE development model. Instrument used in this research is the assessment sheet of lesson plan and student work sheet by experts for the aspect of validity, student response questionnaires and observation sheets of the implementation of learning activities to measure practicality and the student mathematical communication skills test to measure effectiveness that analyzed using clasical completness. The results from this research showed the quality of the products based on validity aspect RPP and student worksheet have categorized very well, while aspect of practicality based on students response questionnaire have categorized well and result from observation sheet feasibility have categorized very well. Meanwhile, aspect of effectiveness have categorized very well with percentage of student mathematical communication skills test get clasical completnes 83,33%.

 

Keywords : Learning kits, realistic mathematics approach, development, presentation of data.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i1.10696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia