ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERSOALAN MATEMATIKA YANG BERKAITAN DENGAN TEOREMA PYTHAGORAS

Kristanti , Murdanu, M. Pd.

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis dan letak kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sleman dalam menyelesaikan persoalan matematika yang berkaitan dengan teorema Pythagoras, dan (2) faktor-faktor penyebab kesalahan dari diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini, ditetapkan 10 siswa sebagai subjek penelitian yang ditentukan berdasarkan hasil ulangan tengah semester dan hasil tes diagnostik. Data kualitatif dikumpulkan dengan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini antara lain: (1) dalam penguasaan konsep, siswa mengalami kesalahan dalam mendefiniskan konsep, mengidentifikasi contoh dan bukan contoh, menggunakan gambar untuk merepresentasikan konsep, dan mengenali kondisi (syarat) yang ditentukan suatu konsep; (2) dalam pengusaan prinsip, siswa mengalami kesalahan dalam memberikan alasan pada langkah-langkah penggunaan prinsip, menggunakan prinsip secara benar dan tepat, dan mengenali prinsip yang benar dan tidak benar; (3) siswa mengalami kesalahan perhitungan dalam menentukan hasil kuadrat suatu bilangan dan penarikan hasil akar suatu bilangan yang dikategorikan kedalam computation fact; (4) faktor-faktor penyebab kesalahan dari diri siswa yaitu minat belajar, kebiasaan belajar, dan sikap belajar. Faktor penyebab yang mempunyai pengaruh lebih besar yaitu kebiasaan belajar siswa. Kata kunci: studi kasus, kesalahan siswa, teorema Pythagoras Abstract The objective of this research was to describe (1) the varietis and the lies of errors that have been made by the students at grade VIII SMP Negeri 1 Sleman in the solving mathematical problems related to Pythagoras theorem , and (2) the causing-errors factors from the students themselves. The research was carried out through qualitative research with case study research strategy. The research was set off 10 students as research subject who determined based on mid-semester test result and diagnostic test result. The data qualitative were collect in the forms of test, interview, and documentation. The analysis data was done by qualitative descriptive. The result of this research were: (1) mastering concept, the students had errors in the defining concepts, the identification of the sample and not sample, using picture for representingthe concepts and recognizing the conditions (requirement) that identified by the concept; (2) mastering of principles, the students had errors in giving reasons for the steps of principle use, using principles correctly and appropriately, and recognizing corret and incorrect principles; (3) the students has miscalculated in determining the quadratic result of a number and determining the root of a number categorized into computation fact; (4) the causing-errors factors came from the students themselves such as learning interest, learning habits, and learning attitudes. The causing-errors factors that have more influence was learning habits of the students. Keywords: case study, students’ errors, Pythagoras theorem

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i2.10541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia