PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERORIENTASI MASALAH OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT

Praneswari Kusuma Dewi , Prof. Dr. Marsigit, M.A.

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi segiempat dengan pendekatan saintifik berorientasi masalah open-ended. Kualitas produk pengembangan dinilai berdasarkan: 1) aspek kevalidan, 2) aspek kepraktisan, dan 3) aspek keefektifan. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kualitas perangkat pembelajaran yaitu: 1) lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan; 2) angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan; dan 3) tes kemampuan berpikir kreatif untuk mengukur keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata RPP yaitu 1 dari skor maksimal 1 menggunakan skala Guttman, dan 3,76 dari skor maksimal 5,00 menggunakan skala Likert. Sementara LKS memperoleh skor rata-rata 3,76 dari skor maksimal 5,00; (2) perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis untuk LKS yang memperoleh skor rata-rata 3,8 dari skor maksimal 5,00, dan tidak praktis untuk RPP dengan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 78,82 %; (3) perangkat pembelajaran tidak efektif berdasarkan hasil posttest kemampuan berpikir kreatif yaitu 56,45 dengan kategori cukup baik Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Masalah Open-Ended, Berpikir Kreatif, Bangun Datar Segiempat Abstract This study aims to develope of learning set which comprises lesson plan and student worksheet in the topic of rectangular with scientifict approach and open-ended problems oriented. The quality of learning set was described in terms of aspects of validity, practicality, and effectiveness.Type of this study is research and development with ADDIE model, which includes Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. The instruments which are used in this research namely the evaluation sheets of learning set to measure the validity, questionnaire of response from students and observations sheets of the implementation of learning activities to measure the practicality, and creative thinking ability test to measure the effectiveness of the learning set. This research produce learning set in the form of four lesson plan and one student worksheet. Learning sets comply the validity criteria with average score of lesson plan are 1,00 from a maximum score 1,00 using Guttman scale and 3,76 from a maximum score 5,00 using Likert scale, while the average score of student worksheet is 3,76 from a maximum score 5,00. The learning set comply the practicality criteria with average score 3,8 from a maximum score 5,00 based on questionnaire of response from students, but it doesn’t practically with average percentage of implementation 78,82% based on the observations sheets of the implementation of learning activities. Then it doesn’t effective based on the result of student creative thinking ability posttest with average score 56,45 from a maximum score 100. Keywords: learning set, saintific approach, open-ended problems, creative thinking, rectangular

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i1.10539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia