Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Flash dengan Metode Penemuan Terbimbing pada Materi Dimensi Tiga

Anindrio Suryo Prayudo , Kuswari H., M.Kom

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dan mendeskripsikan kualitas media dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Tahap analisis meliputi analisis kurikulum dan materi, siswa, dan situasi. Tahap desain meliputi menyusun desain media, instrumen penelitian. Tahap pengembangan meliputi mengembangkan media pembelajaran, analisis kevalidan oleh dosen ahli, dan revisi media. Tahap implementasi meliputi uji coba media, observasi, angket respon siswa. Tahap evaluasi meliputi perbaikan media dari analisis kesalahan selama proses implementasi. Hasil penilaian terhadap media pembelajaran dari dosen ahli dan guru berdasarkan aspek kualitas isi dan tujuan, instruksional, dan teknis memperoleh rata-rata keseluruhan 130,5 (klasifikasi baik) menunjukkan valid. Hasil analisis observasi dan respon keseluruhan memperoleh persentase keterlaksanaan 90,9% (klasifikasi sangat baik) dan rata-rata respon keseluruhan 2,9 (klasifikasi baik ) menunjukkan praktis. Dan hasil analisis tes hasil belajar memperoleh persentase ketuntasan rata-rata 87,5% (klasifikasi sangat baik) dengan rata-rata nilai 87 menunjukkan efektif. Kata kunci: multimedia flash, penemuan terbimbing, dimensi tiga Abstract This study aimed to develop interactive multimedia and describe the quality of the media seen from aspects of validity, practicality, and effectiveness. This research was a development research with ADDIE models. The analysis phase include material and curriculum analysis, students, and situation. The design phase include designing media, research instruments. Development phase include developing instructional media, skill analysis and expert lecturer, and media revision. Implementation phase include media testing, observation, questionnaire responses to students. Evaluation phase include repaired media from error analysis during the implementation process. The expert and teacher assessment result based on quality of content and purpose, instructional, and technical got an average of 130,5 (good classification). It’s showed valid. Observation and execution respon got an average 90,9% (very good classification) and 2,9 (good classification). It’s showed practically. And test learning outcomes result got an average percentage of completeness 87,5% (very good classification) and average value 87. It’s showed effective. Keywords: multimedia flash, guided discovery, dimension three

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v7i1.10538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia