FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN SLEMAN

Qadriathi Dg Bau, Djemari Mardapi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Sleman yang meliputi: (1) pendidikan orang tua, (2) penghasilan orang tua, (3) perhatian orang tua (4) motivasi belajar siswa, dan (5) kemampuan mengajar guru.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat non eksperimental dengan meto-de espos fakto (ex post facto). Teknik cluster sampling digunakan untuk menentukan sekolah dan simple random sampling digunakan untuk penentuan jumlah siswa. Populasi penelitian ini seluruh sis-wa kelas XI SMA di Kabupaten Sleman. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Validitas instrumen dilakukan melalui expert judgement dan koefisien reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan Alpha Chronbach. Teknik analisis data menggunakan statistik deskrip-tif dan analisis regresi linear.Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada kategori sangat tinggi 49%, tinggi 38,46%, sedang 7,69%, rendah 4,56%, dan sangat rendah 0,28%. Hasil analisis regresi linear menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,793 dengan Rsquare 0,452 yang dapat diartikan bahwa sumbangan pendidikan orang tua, penghasilan orang tua, perhatian orang tua, motivasi belajar siswa, dan kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 45,2 %. Persamaan garis regresi: Ỹ = 493,726 + 0,915X1 - 0,059X2 - 0,467X3 + 0,133X4 + 0,586X5. Ber-dasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar sis-wa kelas XI Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sleman adalah pendidikan orang tua , motivasi sis-wa, dan kemampuan mengajar guru sedangkan penghasilan dan perhatian orang tua pada penelitian ini tidak mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Keywords


prestasi belajar; sekolah menengah atas; analisis regresi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats