PENENTUAN BATAS LULUS PADA KEMAMPUAN MINIMAL UJIAN KOMPETENSI KEJURUAN DENGAN METODE STANDARD SETTING

Soffan Nurhaji, Haryanto Haryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui batas skor kelulusan (cutscore) yang tepat bagi peserta Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) SMK Kabupaten Brebes. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan April 2015. Metode yang digunakan adalah Angoff, Direct Consensus Method and Contrasing Group Methods. akurasi dari hasil perbandingan metode berdasarkan nilai standar deviasi dan reliabilitas dari dua putaran masing-masing metode. Sumber data penelitian ini adalah peserta tes 879 dan panelis (Judgement). Judgement digunakan untuk menentukan cutscore. Keakuratan metode dalam menentukan cutscore ditunjukkan dengan kecilnya nilai standar deviasi dan reliabilitas yang diperoleh dari masing-masing metode. Hasil penelitian menunjukan hasil analisis karakteristik butir soal berdasarkan teori tes klasik dan teori respon butir pada perangkat soal UKK baik. Cutscore yang diperoleh dari metode Angoff sebesar 53,95, Direct Consensus Method sebesar 60,19 dan Contrasting Group Method sebesar 21 52,50. Direct Consensus Method merupakan metode yang paling akurat, Hal ini terlihat dari nilai standar deviasi dan reliabilitas relatif paling kecil, yaitu 0,991.

Keywords


batas lulus (cutscore); standard setting; metode Angoff; Direct Consensus Method; Contrasting Group Method

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats