PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL LABORATORY IPA MATERI GLOBAL WARMING BERPENDEKATAN INKURI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA KELAS VII

Danik Noor Utami, Asri Widowati, Widodo Setiyo Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran virtual laboratory IPA materi Global Warming berpendekatan inkuiri menurut dosen ahli dan guru IPA, (2) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran virtual laboratory IPA materi Global Warming berpendekatan inkuiri; dan (3) mengetahui peningkatan kemampuan analisis siswa setelah menggunakan media virtual laboratory IPA berpendekatan inkuiri pada materi Global Warming. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan tahapan Define untuk memperoleh informasi permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran IPA khususnya ketika kegiatan laboratorium, tahapan kedua adalah Design yakni merencanakan pemenuhan kebutuhan media ajar berdasarkan permasalahan pada tahapan pertama dan penyusunan draft media ajar, Develop yakni tahapan validasi yang dilakukan oleh dosen ahli dan guru dan uji coba lapangan, dan Disseminate yang dilakukan secara terbatas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi kelayakan dosen ahli dan guru, serta soal pretest dan postest untuk mengetahui peningkatan kemampuan analisi siswa. Teknik analisis data kelayakan media oleh dosen ahli, guru dan respon siswa adalah dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Untuk peningkatan kemampuan analisis dilakukan dengan perhitungan gain score. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Virtual laboratory IPA berpendekatan inkuiri materi Global Warming dinyatakan layak oleh validator dosen dan guru dengan kategori yang sangat baik (A), (2) respon siswa terhadap media virtual laboratory adalah sangat setuju, yakni dengan nilai A, dan (3) peningkatan kemampuan analisis siswa setelah menggunakan media virtual laboratory berpendekatan inkuiri tergolong sangat tinggi dengan gain score sebesar 0,73.


Kata kunci : Media Pembelajaran, Virtual Laboratory, Pendekatan Inkuiri, Kemampuan Analisis

 

This study aimed to (1) determine the eligibility of Virtual Science Laboratory focusing on Global Warning using Inquiry Approach based on expert lecturers and Science teachers, (2) perceive students’ response towards Virtual Science Laboratory focusing on Global Warming issues using Inquiry Approach; and (3) obtain the improvement of analytical abilities of students after using Virtual Science Laboratory using Inquiry Approach focusing on Global Warming issues. This study uses 4D model, the first stage is Define; it is to obtain problems in Science learning, especially for laboratory practice, the second stage is Design; it is to plan the fulfillment design of learning media based on the problem in first stage and set up draft of learning media, Develop stage is the validation stage done by expert lecturers, teachers, and field trials, while for Disseminate done on limited basis. Instrument used in this study is a validation sheet of eligibility of expert lecturers and teachers, also pre-test and post-test to obtain the improvement of analytical ability of student. Analytical technique to determine eligibility of the media is using qualitative and quantitative methods. To analyze the analytical ability, it uses gain score analysis. The results of study shown that (1) Virtual Science Laboratory using Inquiry Approach focusing on Global Warming issues is eligible declared by the validator lecturers and teachers and categorized as very good (A), (2) students’ response to Virtual Science Laboratory is highly positive valued by A, and (3) improvement of students’ analytical ability after using Virtual Science Laboratory using Inquiry approach is very high with gain score of 0.73.


Keywords: Learning Media, Virtual Laboratory, Inquiry Approach, Analytical Thinking


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.