PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PHET INTERACTIVE SIMULATION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SAINS SISWA

Bagus Wibowo, Sabar Nurohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan media PhET Interactive Simulation terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Sewon pada materi sifat-sifat cahaya, (2) mengetahui pengaruh penggunaan media PhET interactive simulations terhadap penguasaan konsep sains siswa kelas VIII SMP N 2 Sewon pada materi sifat-sifat cahaya.
Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan menggunkan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah 60 siswa kelas VIII SMP N 2 Sewon Bantul. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling . Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media PhET Interactive Simulation dalam pembelajaranya dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang tidak menggunkan media PhET Interactive Simulation. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu angket motivasi pretest-posttest untuk mengukur motivasi belajar siswa dan soal pretest-prosttest untuk mengukur penguasaan konsep sains siswa. Teknis analisis yang digunakan yaitu Uji Two Independent Sample (Mann Whitney)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan media PhET Interactive Simulation terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Sewon pada materi sifat-sifat cahaya (2) ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan media PhET Interactive Simulation terhadap penguasaan konsep sains siswa kelas VIII SMP N 2 Sewon pada materi sifat-sifat cahaya. Hal ini ditunjukkan dari hasil Uji Two Independent Sample (Mann Whitney) motivasi belajar dan penguasaan konsep sains siswa masing-masing memiliki nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,036 dan 0,000 yang artinya Ha diterima. Besarnya pengaruh penggunaan media PhET Interactive Simulation ditunjukkan dengan nilai effect size. Nilai effect size untuk motivasi belajar sebesar 0,53922 yang tergolong kategori sedang dan nilai effect size untuk penguasaan konsep sains sebesar 1,23066 yang tergolong kategori tinggi.
Kata Kunci: Motivas Belajar, Penguasaan Konsep Sains, PhET Interactive Simulation

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.