PEMAHAMAN NATURE OF SCIENCE (NOS) PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN KOTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI TINGKAT KEFAVORITAN SEKOLAH

Linda Anggi Febri Yani, Eko Widodo, Sabar Nurohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman tiap aspek Nature of Science (NOS) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri di Kota Yogyakarta ditinjau dari tingkat kefavoritan sekolah dan mengetahui rangking pemahaman Nature of Science (NOS) pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Yogyakarta ditinjau dari tingkat kefavoritan sekolah.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah survei. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah enam sekolah negeri yang terdiri dari 1.524 siswa kelas VIII di SMP Negeri Kota Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 yang diambil berdasarkan nilai input berupa rata-rata nilai pendaftaran peserta didik baru, nilai output yang berupa nilai rata-rata ujian nasional dan animo calon peserta didik. Sampel pada penelitian ini adalah 31 siswa dari tiap sekolah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis ketercapaian pemahaman aspek Nature of Science (NOS) dan uji korelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman Nature of Science (NOS) siswa dari sekolah dengan tingkat kefavoritan tinggi pada aspek sikap tergolong baik, pada aspek proses tergolong sangat kurang dan pada aspek produk tergolong kurang. Pemahaman Nature of Science (NOS) siswa dari sekolah dengan tingkat kefavoritan sedang dan rendah pada aspek proses, sikap dan produk tergolong sangat kurang. Rangking pemahaman Nature of Science (NOS) berturut-turut dari teratas yaitu sekolah dengan tingkat kefavoritan tinggi, sedang dan rendah.
Kata Kunci : pemahaman, nature of science (NOS), tingkat kefavoritan sekolah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.