Optimalisasi media sosial tiktok live sebagai media komunikasi persuasif pada fashion untuk menghasilkan omzet sesuai target (studi kasus pada Oemah Gamis)

Nur Aulia Kadarisman, Ratna Ekawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi penggunaan media sosial Tiktok live sebagai media komunikasi promosi pada fashion untuk menghasilkan omzet sesuai target penelitian ini dilakukan pada Oemah Gamis yang memfokuskan penjualan pada Tiktok Iive. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan wawancara secara mendalam dengan narasumber selaku host live pada Oemah  Gamis. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi pada media sosial Tiktok Oemah Gamis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Oemah Gamis menggunakan 4 tahap pada teori circular model of SOME, (1) share (membagikan), dengan cara memaksimalkan komunikasi pada live streaming menggunakan bahasa persuasif. (2) optimize (optimalisasi), Oemah Gamis pada tahap Optimize memaksimalkan penggunaan media sosial Tiktok untuk meningkatkan omzet penjualan dengan memberikan promo, gift away, konten, dan judul yang menarik pada saat live streaming berlangsung. (3) Manage (mengelola) Pada tahap ini Oemah Gamis belum secara maksimal mengelola dengan baik kerja sama team dan media sosial dibuktikan dengan banyaknya komentar negatif yang masuk dengan berbagai permasalahan dan menyebabkan omzet penjualan menurun. (4) engage (melibatkan), dalam membangun hubungan dengan audiens dan costumer Oemah Gamis menggunakan sistem afiliator dan tidak menggunakan influencers. Hasil penelitian Oemah Gamis belum secara maksimal menerapkan circular model of some dan belum menjaga hubungan baik dengan costumer sehingga omzet penjualan menurun.

Kata kunci : circular model of some, Komunikasi persuasif, media sosial.

 

Abstract

This study aims to determine the optimization of the use of Tiktok live social media as a promotional communication medium in fashion to generate turnover according to the target this research was conducted at Oemah Gamis which focuses on Tiktok Iive sales. This research is a type of descriptive research with a qualitative approach. This research uses in-depth interviews with sources as live hosts at Oemah Gamis. Data validity in this study uses source triangulation. Data collection was carried out by interview, observation on Tiktok Oemah Gamis social media. The results showed that Oemah Gamis uses 4 stages in the circular model of SOME theory, (1) share, by maximizing communication on live streaming using persuasive language. (2) optimize, Oemah Gamis at the Optimize stage maximizes the use of Tiktok social media to increase sales turnover by providing promos, gift away, content, and attractive titles during live streaming. (3) Manage At this stage, Oemah Gamis has not maximally managed well the teamwork and social media as evidenced by the many negative comments that have entered with various problems and caused sales turnover to decline. (4) Engage, in building relationships with audiences and customers Oemah Gamis uses an affiliate system and does not use influencers. The results of Oem's research..

Keywords : circular model of some, persuasif communication, social media

Keywords


circular model of some, Komunikasi persuasif, media sosial.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v7i1.21039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats