Komunikasi interpersonal orang tua dengan siswa dalam upaya menanggulangi kenakalan remaja

Rani Bella, Suranto Aw

Abstract


Abstrak

            Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui komunikasi interpersonal orang tua dengan siswa dalam upaya menanggulangi kenakalan remaja. (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal orang tua dan siswa dalam upaya menanggulangi kenakalan remaja. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian di SMP N 5 Lawe Sigala-gala Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dengan mengumpulkan pertanyaan lalu di record dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan orang tua. Peneliti mengumpulkan informasi dengan cara mewawancarai informan. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang dilakukan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi interpersonal orang tua dengan siswa dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMP Negeri 5 Lawe Sigala-gala masih kurang baik. Hal itu tercermin dari sibuk-Nya orang tua dalam bertani sehingga komunikasi yang terjalin antara orang tua dengan siswa minim. Terdapat faktor-faktor yang dalam komunikasi interpersonal dalam upaya menanggulangi kenakalan remaja yaitu: faktor kejujuran, persepsi interpersonal, hubungan interpersonal, lingkungan fisik dan atraksi interpersonal.

Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Orang Tua dan Anak, Kenakalan Remaja Abstract

            This study aims (1) to determine the interpersonal communication of parents with students in an effort to overcome juvenile delinquency. (2) to determine the factors that influence the interpersonal communication of parents and students in an effort to overcome juvenile delinquency. This research is a qualitative approach. Research site at SMP N 5 Lawe Sigala-gala The methods used are observation, interviews by collecting questions and then recording and documentation. The subjects in this study were students, teachers, and parents. Researchers gather information by interviewing informants. The data sources used are primary and secondary data sources. Data analysis techniques carried out are data collection, data reduction, data presentation, conclusion drawing / verification or called interactive models. The results showed that interpersonal communication between parents and students in tackling juvenile delinquency at SMP Negeri 5 Lawe Sigala-gala was still not good. This is reflected in the busy parents in farming so that communication between parents and students. There are factors that are in interpersonal communication in an effort to overcome juvenile delinquency, namely: honesty factors, interpersonal perceptions, interpersonal relationships, physical environment and interpersonal attractions.

Keywords : Interpersonal Communication, Parent and Child, Juvenile Delinquency

Keywords


Komunikasi Interpersonal, Orang Tua dan Anak, Kenakalan Remaja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v7i1.21037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats