Strategi komunikasi pemasaran Kebun Binatang Gembira Loka di media sosial instagram @glzoojogja

Muhammad Nafi Maula, Ulfah Hidayati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi komunikasi pemasaran kebun binatang Gembira Loka di media sosial Instagram menggunakan analisis SOSTAC. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan bagian humas dan pemasaran serta studi dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, website, jurnal dan penelitian terdahulu. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teori Miles and Huberman (1984) meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini sesuai dengan langkah-langkah analisis SOSTAC yang menunjukkan a) Situation analysis dengan memanfaatkan peluang fitur story dan promosi untuk menjangkau audiens dan meningkatkan engagement rate, b) Objectives berupa meningkatkan brand awareness dan menghemat biaya promosi, c) Strategy dilakukan dengan menentukan keluarga muda dengan anak balita sebagai target,  d) Tactics dilakukan dengan mempublikasikan setiap pembaruan layanan dan mengadakan diskon, e) Actions yang dilakukan yaitu memanajemen SDM dan membuat alur publikasi, f) Control dilakukan dengan membuat laporan kegiatan setiap bulan.

Kata kunci : Strategi komunikasi pemasaran, Media sosial, Instagram, SOSTAC.

 

Abstract

This study aims to determine the marketing communication strategy of Gembira Loka Zoo on social media Instagram using SOSTAC analysis. This research use descriptive qualitative approach. Primary data were obtained from interviews with public relations and marketing departments and documentation studies, while secondary data were obtained from books, websites, journals and previous research. The validity of the data in this study uses source triangulation. Data analysis uses the theory of Miles and Huberman (1984) including data reduction, data presentation and data verification. The results of this study are in accordance with the SOSTAC analysis steps which show a) Situation analysis by taking advantage of story and promotional feature opportunities to reach audiences and increase engagement rates, b) Objectives that is increasing brand awareness and saving promotion costs, c) Strategy is carried out by determining young family with toddlers as the target, d) Tactics are carried out by publishing every service update and giving discounts, e) Actions are carried out with managing human resources and making publication flows, f) Control is carried out by making activity reports every month.

Keywords : Marketing communication strategy, Social media, Instagram, SOSTAC.


Keywords


Strategi komunikasi pemasaran, Media sosial, Instagram, SOSTAC.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v6i4.20976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats