Strategi komunikasi humas Pemerintah Kota Yogyakarta dalam penyebaran informasi gerakan zero sampah anorganik

Lolita Paramesti Nariswari, Suranto Aw

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi komunikasi dan komponen kehumasan Humas Pemerintah Kota Yogyakarta dalam penyebaran informasi Gerakan Zero Sampah Anorganik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 2 pegawai humas. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) strategi komunikasi dalam penyebaran informasi terbagi dari proses perencanaan, pelaksanaan kegiatan, dan proses evaluasi, (2) komponen komunikasi kehumasan mencakup pihak yang berperan dalam penyebaran informasi, pihak yang menjadi sasaran, serta media cetak, elektronik dan media sosial sebagai media penyebaran informasi Gerakan Zero Sampah Anorganik, media paling efektif yang digunakan Humas Pemerintah Kota Yogyakarta dalam penyebaran Gerakan Zero Sampah Anorganik, (3) dukungan dari masyarakat Kota Yogyakarta menjadi faktor pendukung keberhasilan penyebaran Gerakan Zero Sampah Anorganik, namun intesitas informasi yang ada di Kota Yogyakarta menjadi faktor penghambat, upaya yang dilakukan Humas Pemerintah Kota Yogyakarta tetap mengupayakan kegiatan sosialisasi dan sarasehan bank sampah secara berkelanjutan dan pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R).

Kata kunci : strategi komunikasi, humas, zero sampah anorganik

 

Abstract

The aim of this research is to describe the communication strategy and public relations components of the Yogyakarta City Government Public Relations in disseminating information about the Zero Inorganic Waste Movement. This research is a qualitative descriptive study. The informants in this research consisted of 2 public relations employees. The results of the research show that: 1) communication strategies in disseminating information are divided into planning processes, implementing activities and evaluation processes, (2) the public relations communication component includes parties who play a role in disseminating information, parties who are targeted, as well as print, electronic and media. social as a medium for disseminating information on the Zero Inorganic Waste Movement, the most effective media used by Yogyakarta City Government Public Relations in spreading the Zero Inorganic Waste Movement, (3) support from the people of Yogyakarta City is a supporting factor in the success of the spread of the Zero Inorganic Waste Movement, but the intensity of the information available in The city of Yogyakarta is an inhibiting factor, efforts made by Government Public Relations The City of Yogyakarta continues to strive for sustainable waste bank socialization and workshops and the construction of Reduce-Reuse-Recycle Waste Processing Sites (TPS3R).

Keywords : communication strategy, public relations, zero inorganic waste

Keywords


strategi komunikasi, humas, zero sampah anorganik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v6i4.20973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats