Strategi komunikasi pemasaran Faiza Event and Wedding Organizer dalam menjaring konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta

Ines Nisa Aziza, Gilang Jiwana Adikara

Abstract


Abstrak

Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Faiza Event And Wedding Organizer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Faiza Event And Wedding Organizer dalam menjaring konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini yaitu CEO, Finance Manager, dan Kepala Divisi Desain & Media Sosial. Teknik pengumpulan data utama menggunakan wawancara, sedangkan teknik pengumpulan data penunjang menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian strategi komunikasi pemasaran Faiza Event And Wedding Organizer dalam menjaring konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu: (1) Advertising, menggunakan media cetak seperti surat kabar dan melalui media sosial. (2) Sales promotion, dengan pemberian diskon dan pemberian produk secara gratis. (3) Public relations, dengan menjadi sponsor acara Putra Brilliant Wedding untuk membangun citra perusahaan. (4) Personal selling, melakukan presentasi penjualan dengan bahasa yang persuasif dan mudah dipahami. (5) Direct marketing, menggunakan media sosial, brosur, dan kartu nama.

Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Wedding Organizer, Event Organizer

 

Abstract

This research discusses the marketing communication strategy carried out by Faiza Event And Wedding Organizer. This research aims to determine the marketing communication strategy of Faiza Event And Wedding Organizer in capturing consumers in the Special Region of Yogyakarta. This research uses a descriptive qualitative approach. Determination of informants using purposive sampling technique. The informants in this study are the CEO, Finance Manager, and Head of the Design & Social Media Division. The main data collection technique uses interviews, while the supporting data uses observation and documentation. Data validity checking technique uses source triangulation. Data analysis was performed using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the Faiza Event And Wedding Organizer marketing communication strategy research in attracting consumers in Special Region of Yogyakarta are: (1) Advertising, using print media such as newspapers and through social media. (2) Sales promotion, by giving discounts and giving free products. (3) Public relations, by sponsoring the Putra Brilliant Wedding event to build the company's image. (4) Personal selling, making sales presentations in a language that is persuasive and easy to understand. (5) Direct marketing, using social media, brochures and business cards.

Keywords : Marketing Communication, Wedding Organizer, Event Organizer

Keywords


Komunikasi Pemasaran, Wedding Organizer, Event Organizer

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v6i4.20972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats