Strategi komunikasi pemasaran Selingkar dalam mempromosikan produk literasi

Verina Budiarti Candra Rahardja, Pratiwi Wahyu Widiarti

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penggunaan strategi komunikasi pemasaran Selingkar dalam mempromosikan produk literasi, dan (2) untuk mengetahui aspek kegiatan promosi Selingkar dalam mempromosikan produk literasi. Jenis penelitian ini adalah deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan informan penelitian ini, antara lain adalah: CEO, head of marketing, dan marketing intern Selingkar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil antara lain sebagai berikut: (1) strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Selingkar adalah business model canvas (BMC). Strategi ini difokuskan pada dua produk yang diharapkan dapat bersaing di pasar yakni fun learning worksheet dan buku cerdas litmatika. Business model canvas (BMC) terdiri dari 9 komponen antara lain adalah value proposition, customer segment, customer relationship, channel, key partner, key activities, key resource, cost structure, dan revenue streams, serta (2) Periklanan Selingkar menggunakan Facebook Ads, promosi penjualan Selingkar business to consumer (b2c) menggunakan diskon pendaftar tercepat dan business to business (b2b) dengan mendatangi perusahaan ataupun komunitas dan telepon langsung, hubungan masyarakat Selingkar dengan ikutserta dalam kegiatan komunitas di kawasan kantor Selingkar serta mendapat respon yang positif, penjualan personal dengan secara langsung di bazar atau keramaian dan lain sebagainya tetapi hasil yang didapatkan masih kurang bagus, dan pemasaran langsung menggunakan WhatsApp melalui story dan personal broadcast serta didukung dengan adanya katalog produk.

Kata kunci : strategi komunikasi pemasaran, business model canvas (BMC), promosi, bauran promosi, Selingkar.

 

Abstract

The objectives of this research are: (1) to determine the use of Selingkar's marketing communication strategies in promoting product literacy, and (2) to determine aspects of Selingkar's promotional activities in promoting product literacy. This type of research is descriptive with a qualitative approach. Determining the informants used a purposive sampling technique and the informants obtained for this research included: the CEO, Head of Marketing, and Marketing Intern Selingkar. Data collection techniques use interviews and documentation. The data validity technique uses source triangulation. Data analysis techniques use data reduction, data presentation, and drawing conclusions/verification. Based on the research conducted, the following results were obtained: (1) the marketing communication strategy used by Selingkar was the business model canvas (BMC). This strategy is focused on two products that are expected to compete in the market, namely fun learning worksheets and buku cerdas litmatika. The business model canvas (BMC) consists of 9 components, including value proposition, customer segment, customer relationship, channels, key partners, key activities, key resources, cost structure, and revenue streams, also (2) Selingkar advertising uses Facebook Ads, Selingkar business-to-consumer (b2c) sales promotions using the fastest registrant discounts and business-to-business (b2b) by visiting companies or communities and calling directly, Selingkar public relations by participating in community activities in the Selingkar office area and getting responses the positive ones, personal sales directly at bazaars or crowds and so on but the results obtained are still not good, and direct marketing using WhatsApp through stories and personal broadcasts and supported by product catalogue.

Keywords : marketing communication strategy, business model canvas (BMC), promotion, promotion mix, Selingkar.

Keywords


strategi komunikasi pemasaran, business model canvas (BMC), promosi, bauran promosi, Selingkar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v6i2.20949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats