Strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada akun Instagram @ndekorjogja

Alnira Firlianur, Benni Setiawan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) Strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada akun instagram @ndekorjogja, 2) faktor penghambat dari strategi komunikasi pemasaran yang dirasakan oleh Ndekor Jogja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan yaitu teknik purposive sampling yang melibatkan 3 kelompok responden. Informan terdiri dari tiga orang yaitu Owner Ndekor Jogja, Marketing Ndekor Jogja, dan Marketing Content Creator Ndekor Jogja, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi, serta dokumentasi. Penelitian ini divalidasi menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan ialah model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ndekor Jogja dalam menentukan strategi komunikasi pemasaran dengan melakukan riset segmentasi serta menggunakan media sosial berupa Instagram. Untuk Integrated Marketing Communication (IMC) ditemukan sebagai berikut Periklanan (logo Ndekor Jogja dan brosur), komunikasi interpersonal (menawarkan produk saat melakukan transaksi serta penawaran produk secara langsung dengan mendatangi segmentasi pasar), pemanfaatan media sosial (Instagram), penjualan (memberikan diskon kepada pelanggan pada saat event-event tertentu), dan penjualan perseorangan.

Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, IMC, dan Instagram

 

Abstrack

This study aims to describe; 1) The marketing communication strategy in increasing sales on the @ndekorjogja Instagram account, 2) the inhibiting factors of the marketing communication strategy felt by Ndekor Jogja. This study uses a qualitative approach. The technique used is purposive sampling technique involving 3 groups of respondents. The informants consisted of three people, namely Owner Ndekor Jogja, Marketing Ndekor Jogja, and Marketing Content Creator Ndekor Jogja. Data collection was carried out using semi-structured interviews, observation and documentation. This study was validated using a triangulation technique, namely source triangulation. The data analysis used is an interactive model. The results of the study show that Ndekor Jogja determines marketing communication strategies by conducting segmentation research and using social media in the form of Instagram. For Integrated Marketing Communication (IMC) found the following: Advertising (Ndekor Jogja logo and brochures), interpersonal communication (offering products when making transactions and offering products directly by visiting market segmentation), social media utilization (Instagram), sales (providing discounts to customers during certain events), and personal selling.

Keywords : Marketing Communication Strategy, IMC, and Instagram

Keywords


Strategi Komunikasi Pemasaran, IMC, dan Instagram

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v6i2.20946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats