PENGARUH TERPAAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PROMODAZZLE

Mukhamad Ubaidilah, Pratiwi Wahyu Widiarti

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan promosi terhadap minat beli konsumen di akun Instagram @promodazzle. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian adalah pengikut akun Instagram @promodazzle yang berjumlah 351.000 orang. Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling serta penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan hasil 100 orang followers akun Instagram @promodazzle. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesinoer dengan 31 pernyataan tertutup. Angket penelitian di uji validitas dengan teknik korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dengan teknik Cronbach Alpha. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskirptif, serta uji hipotesis dengan analisis regresi linear sederhana. Seluruh pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini dibantu dengan software IBM SPSS Statistics 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh positif antara terpaan promosi terhadap minat beli konsumen yang ditunjukan dengan nilai korelasi (r) bernilai positif sebesar 0,746 dan nilai koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,556. Artinya variabel terpaan promosi memiliki kontribusi terhadap minat beli konsumen sebanyak 55,6% sedangkan sisanya 44,4 % ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata kunci: Terpaan Promosi, Minat Beli Konsumen.

 

Abstract

This aims of study is to determine whether there is an effect of promotional exposure to the consumer buying interest on social media of @promodazzle’s Instagram account. This research used a quantitative approach with a survey method. The population in this study are the @promodazzle’s Instagram followers, with total 351000 people.  The sample determine by Slovin formula, resulted 100 people. The data collection technique in this study used a questionnaire with 30 closed statement items. The questionnaire uses validity test with correlation technique Product Moment and reliability test with technique Cronbach Alpha. Meanwhile, for the data analysis technique used descriptive analysis, and hypothesis test used simple linear regression analysis. All the tests carried out in this study were assisted with software IBM SPSS 22. The results showed that there was a positive influence between promotional exposure (X) to the consumer buying interest (Y) on social media of @promodazzle’s Instagram account, it’s indicated by a positive correlation value (R) of 0.746 and the value of the coefficient determination (R square) X against Y is 0.556. It shows the contribution of promotional exposure on consumer buying interest is 55.6%, and the remaining 44.6% are determined by unexamined of another variables. 

Keywords: Promotional Exposure, Consumer Buying Interest

Keywords


Promotional Exposure; Consumer Buying Interest

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v5i3.19177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats