EVALUASI PROGRAM MEDIA RELATIONS BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (BNNP DIY) DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP BAHAYA NARKOBA

Siti Hanifah, Suranto Aw

Abstract


Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui aktivitas program media relations BNNP DIY dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya narkoba; 2) mengetahui keefektifan program media relations BNNP DIY dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya narkoba berdasarkan audit mini komunikasi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian evaluasi secara audit mini komunikasi  dengan  pendekatan  kualitatif.  Objek  penelitian  adalah  BNNP  DIY  dengan  subjek penelitian yaitu 1 orang dari tim Kehumasan dan 1 orang dari bagian Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) yang sekaligus bertugas dalam mengelola media. Teknik pengumpulan data  adalah wawancara secara mendalam dengan teknik purposive sampling dan studi dokumen. Keabsahan data penelitian  ini  dilakukan  dengan  triangulasi  sumber.  Teknik  analisis  data  menggunakan  teknik interaktif berupa   dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data,   reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas program media relations BNNP DIY untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dilakukan melalui diseminasi informasi P4GN yang dilaksanakan oleh Tim Humas dan Divisi P2M yang mengelola media, namun program tersebut kurang optimal dikarenakan pembagian tugas yang tumpang tindih. ; 2) Program dikatakan kurang efektif berdasarkan evaluasi secara audit mini komunikasi yang telah dikaji dalam enam aspek yaitu penerima, isi pesan, ketepatan waktu, media komunikasi, bentuk kemasan pesan, dan sumber pesan.

Kata kunci : Evaluasi program komunikasi, media relations, bnnp diy

 

Abstract

This research aimed to; 1) knowing the evaluation BNNP DIY meida relations program in increasing public awareness of the dangers of drugs; 2) determine the effectiveness of the BNNP DIY media relations program in increasing public awareness of the dangers of drugs based on mini- communication audits. This research uses a qualitative method with a descriptive approach. The object  of research is BNNP DIY with research subjects, namely 1 person from the Public Relations team and 1 person from Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) section who is also in charge of managing the media. The main data collection technique is in-depth interviews with purposive sampling and document study. The validity of the research data was carried out by triangulation of sources. Data analysis techniques used interactive techniques from Miles and Huberman, namely data collection, reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that; 1) The BNNP DIY activities media relations program increased public awareness through the dissemination of P4GN information carried out by the Public Relations Team and the P2M Division which managed the media, but the program was less than optimal due to the overlapping division of tasks; 2) The program is said to be less effective based on a mini-communication  audit  evaluation  that has  been studied  in six aspects,  namely the recipient, message content, timeliness, communication media, message packaging form, and message source.

Keywords: Communication program evaluation,  media relations organization- public relationships, bnnp diy.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v4i2.18517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats