ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP LIRIK LAGU “PERADABAN” AUDIENCE RECEPTION ANALYSIS OF SONG LYRICS “PERADABAN”

Charis Hamdani, Suranto Aw

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resepsi khalayak terhadap makna pesan yang terkandung dalam lirik lagu Peradaban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis resepsi khalayak. Objek dalam penelitian ini adalah lagu dengan judul Peradaban milik grup musik .Feast. Sedangkan subjek atau informan dalam penelitian ini adalah para pendengar lagu Peradaban yang ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teori analisis resepsi khalayak milik Stuart Hall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keseluruhan informan berada pada posisi pembacaan dominant hegemonic dalam memaknai pesan yang terkandung dalam lirik lagu Peradaban, informan dengan posisi pembacaan negotiated maupun oppositional tidak ditemukan. (2) dalam memaknai kondisi peradaban Indonesia berdasarkan lagu Peradaban, seluruh khalayk juga berada pada posisi pembacaan dominant hegemonic, posisi pembacaan negotiated maupun oppositional juga tidak ditemukan. (3) lima dari enam informan dalam peneltian ini memiliki pendapat bahwa lirik dalam lagu Peradaban tergolong frontal, namun konteks frontal dalam hal ini adalah frontal yang bersifat positif. Sedangkan satu informan berpendapat bahwa lirik dalam lagu Peradaban bukan bersifat frontal, melainkan kritis.

Kata kunci: Kata kunci: analisis resepsi, pesan, Peradaban, .Feast

 

Abstract

The purpose of this study is to determine audience reception of the meaning of the message contained in song lyric “Peradaban”. This study uses a qualitative approach with audience reception analysis methods. The object of this research is the song from .Feast with the title “Peradaban” , while the informants in this study were listeners of the song “Peradaban” which determined based on purposive sampling techniques. Data analysis was performed using Stuart Hall’s audience analysis reception theory. The results of this research show that: (1) all informants are in the position of dominant hegemonic reading in interpreting messages contained in song lyrics of Peradaban, informant with negotiated or oppositional reading position were not found. (2) in interpreting the condition of civilization in Indonesia based on the song of “Peradaban” all audiences are also in the position of dominant hegemonic reading. Informant with negotiated or oppositional reading position were not found. (3) five of six informants in this study thinks that the lyrics in the song of “Peradaban” are frontal, but the frontal context in this case is a positive frontal. While one informant think that the lyric in this song are not frontal but critical.

Keywords: reception analysis, message, Peradaban, .Feast


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v3i2.16840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats