ANALISIS SWOT STRATEGI PROMOSI MUSEUM SONOBUDOYO DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF

Ikrimah Abdurrahman, Chatia Hastasari

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil  analisis SWOT  strategi promosi yang dilakukan oleh Museum Sonobudoyo. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.   Informan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu meliputi Kepala Museum Sonobudoyo, Kepala Seksi Bimbingan Informasi dan Preparasi Museum Sonobudoyo dan Staff Seksi Bimbingan Informasi dan Preparasi Museum Sonobudoyo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara semi struktur, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; a) kekuatan termasuk; Nilai historis dari Museum Sonobudoyo, Keanekaragaman koleksi museum. b) Sementara kelemahannya adalah; kurangnya konsistensi dalam melakukan promosi, kurangnya kreativitas. tidak tersedianya fasilitas dan penjual di Museumc) peluang adalah; dukungan pemerintah melalui Duta Wisata, komunitas yang mendukung kegiatan museum, Lokasi Museum Sonobudoyo, dukungan fasilitas dan infrastruktur pemerintah, Kerjasama dengan media dan lembaga. d) Ancaman yang dihadapi termasuk; daya saing museum, memperkenalkan museum kepada generasi muda, memunculkan citra positif museum di media dan publik kurang memiliki kesadaran dan pemahaman tentang museum. Strategi yang dapat diterapkan adalah 1) Memanfaatkan kolaborasi melalui komunitas untuk mempromosikan museum 2) Membangun divisi khusus yang berfokus pada promosi. 3) Membangun dan memelihara fasilitas museum 4) Mengelola promosi pariwisata melalui media dengan peristiwa positif 5) Meningkatkan sistem keamanan pada museum koleksi untuk mengatasi masalah keamanan.

Kata kunci: Strategi Promosi, Analisis SWOT, Citra Destinasi, Museum Sonobudoyo

ABSTRACT

This research aims to describe SWOT analysis of the promotional strategy carried out by the Sonobudoyo Museum. This research was conducted by using descriptive qualitative approach. The subjects of this research were three people and chosen by purposive sampling technique, which included the Head of the Sonobudoyo Museum, Head of the Sonobudoyo Museum's Information and Preparation Guidance Section and Staff of the Sonobudoyo Museum's Information and Preparation Section. The data collection is done by semi structure interview, observation and documentation. Triangulation Source was used to examine the data validity. The data analysis used in this research are data reduction, data display and conclusion. The results of this research shows that; a) strengths are including; The historical value of the Sonobudoyo Museum, Diversity of the museum’s collections. b) While the weaknesses are; lack of consistency in conducting promotions, lack of creativity. the unavailability of amenities and merchandise sellers in museum. c) opportunities are; government support through Tourism Ambassadors, communities that support museum activities, Sonobudoyo Museum Locations, government facilities and infrastructure support, Collaboration with media and agencies. d) Threats faced including; Museum competitiveness, Introducing the museum to the younger generation, bringing up the positive image of the museum in the media, publics are lacking of awareness and understanding of the museum. Strategies that can be applied are 1) Utilizing collaboration through community to promote the museum 2) Establishing a specific division that focuses on promotion 3) Establishing and maintaining museum amenities 4) Managing  tourism promotions  through  media  with  positive  events  5)  Improving  security  systems  on  museum’s collections to overcome security issue.

Keywords: Promotional Strategy, SWOT Analysis, Destination Image, Sonobudoyo Museum


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v3i1.16824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats