ANALISIS SWOT STRATEGI KOMUNIKASI INTERNAL PEGAWAI PADA KANTOR CABANG BPJS KETENAGAKERJAAN KOTA YOGYAKARTA

Dennis Inggil Graita, Chatia Hastasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana  komunikasi internal pegawai Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaann Kota Yogyakarta dan bagaimana hasil analisis SWOT dari strategi komunikasi internal pada Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Yogyakarta. Saat ini komunikasi internal pada sebuah organisasi merupakan sumber kekuatan keberhasilan sebuah organisasi. Komunikasi internal dapat membantu pegawainya dalam melakukan tugas, pekerjaannya agar lebih baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan sumber data primer terdiri dari 4 orang yaitu Kepala Bidang Umum dan SDM , Kepala Bidang Pelayanan dan 2 staff Bidang Umum dan SDM. Selanjutnya sumber data sekunder yang berjumlah 3 orang terdiri dari pelanggan Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Yogyakarta. Penelitian dilakukan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan yang beralamat di JL. Urip  Sumoharjo No. 106 Yogyakarta 55222. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Komunikasi internal yang diterapkan oleh para pegawai Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Yogyakarta lebih dominan mengikuti pola peraturan dan kebijakan yang dibuat oleh kantor pusat. Namun demikian keterbatasan dalam wewenang pengambilan keputusan, tidak menjadi penghambat bagi mereka dalam mengembangkan dan mengimplementasikan ide-ide kreatif. 2) Hasil analisis SWOT pada strategi komunikasi internal pegawai Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Yogyakarta terdiri dari : a) Kreativitas yang selalu dikembangkan menjadi sebuah motivasi bagi pegawai dalam  melakukan pekerjaannya. b) Dukungan dari pihak lain dalam pengembangan ide menjadikan kerja giat yang dilaksanakan oleh pegawai KC BPJS Ketenagakerjaan terus meningkat. c) Peningkatan kualitas pelayanan sehingga kepercayaan masyarakat terhadap BPJS terutama KC BPJS Kota Yogyakarta terus meningkat. d) Menjalin kerja sama dengan pihak perguruan tinggi dan Sekolah Menengah kejuruan untuk Program Kerja Lapangan (PKL) di KC BPJS Ketenagakerjaan Kota Yogyakarta. e) Mendidik siswa siswi yang melakukan program PKL dengan baik, sesuai dengan standard yang sudah ditetapkan.

Kata Kunci :    Analisis SWOT, Komunikasi Internal, Strategi Komunikasi Internal, dan  BPJS Ketenagakerjaan Kota Yogyakarta

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v1i1.12623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats