PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA DISLEKSIA KELAS III SDN BANGUNREJO II YOGYAKARTA

Hanif Nurul Arifah

Abstract


Penelitian ini menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang layak. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall. Langkah yang ditempuh meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Bangunrejo II, pelaksanaan uji coba melalui 2 tahap yaitu uji coba produk melibatkan 2 subjek, dan uji coba pemakaian melibatkan 3 subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian ahli media memperoleh skor 3,27 kategori layak, penilaian ahli materi 1 memperoleh skor 3,88 kategori layak, penilaian ahli materi 2 memperoleh skor 3,61 kategori layak, uji coba produk memperoleh skor 0,92 kategori layak dan uji coba pemakaian memperoleh skor 1 kategori layak. Hasil keseluruhan uji coba multimedia pembelajaran interaktif tersebut layak.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter