PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

Lina Fitriyani

Abstract



Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif
materi keragaman kenampakan alam yang layak bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Proses penelitian
pengembangan dilaksanakan dengan tahapan yang diadaptasi dari model versi Borg & Gall. Adapun tahapan
tersebut yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji
coba awal, revisi uji coba awal, uji coba lapangan, revisi uji coba lapangan, uji lapangan, dan produk akhir. Subjek
uji coba penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pundung Imogiri, dengan tiga tahap pelaksanaan uji coba.
Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Analisis data hasil penelitian
menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia
pembelajaran interaktif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi siswa kelas V SD Negeri Pundung Imogiri,
dengan materi “Keragaman Kenampakan Alam” sudah layak digunakan oleh siswa.
Kata Kunci: pengembangan, multimedia pembelajaran interaktif, kelas V
Abstract
This development research aims to produce interactive multimedia learning materials diversity of natural features
worthy of Elementary School fifth grade students. Process development research carried out with the stage
adaptation of the model version of the Borg & Gall. The stages are: research and initial information gathering,
planning, development of the format of the initial product, the initial trials, revision of the initial trials, field trials,
revision of field trials, field tests, and the final product. Subject of this research trial is a fifth grade students of SD
Negeri Pundung Imogiri, with three stages of the implementation. Techniques and data collection using interviews,
observation, and questionnaires. Analysis of survey data using quantitative descriptive method. From the results of
this development can be concluded that the multimedia interactive learning subjects Social Science for Elementary
School fifth grade students Pundung Imogiri, presenting "The appearance of Natural Diversity" is already fit for
use by elementary school students.
Keywords: development , multimedia interactive learning , grade V

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter