IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 3 DIMENSI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 WONOSARI

Mita Gustamiyosi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran berbasis proyek pada Mata Pelajaran Animasi 3 Dimensi Kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Negeri 1 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan pembelajaran berbasis proyek pada Mata Pelajaran Animasi 3 Dimensi yaitu dengan merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan strategi pembelajaran, merancang kebutuhan sumber belajar, dan merancang alat evaluasi; 2. Pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek pada Mata Pelajaran Animasi 3 Dimensi yaitu guru mempersiapkan sumber belajar, guru menjelaskan tugas proyek kepada siswa, dan pengerjaan proyek oleh siswa secara individu; 3. Evaluasi pembelajaran berbasis proyek pada Mata Pelajaran Animasi 3 Dimensi dilakukan dengan melakukan penilaian terhadap hasil kerja proyek melalui pelaporan berupa presentasi oleh siswa secara individu; 4. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek pada Mata Pelajaran Animasi 3 Dimensi yaitu: a. Faktor pendukung: kesesuaian karakteristik bidang studi dengan strategi pembelajaran proyek sehingga guru mudah untuk menerapkannya, guru telah memiliki pengalaman mengajar selama sepuluh tahun, peralatan yang ada lengkap, kondisi baik, dan komputer laboratorium memiliki spesifikasi yang sesuai untuk aplikasi pemodelan 3D. b. Faktor penghambat: pemetaan waktu praktik terkadang kurang sesuai, jam yang telah disiapkan mengalami penambahan yang tidak teratur, sehingga rencana kerja siswa selanjutnya menjadi tertunda. Kata kunci: implementasi, strategi pembelajaran berbasis proyek, animasi 3 dimensi Abstract This research aims to find out and describe the implementation of project based learning strategy on 3 Dimension Animation Subject for Students Class XI Multimedia Skills Competence in SMK Negeri 1 Wonosari. This research was a field research with qualitative approach. The subjects of this research were principal, teacher, and students. The technique of data collection were used interview, observation, and documentation. Data analysis technique was used Miles and Huberman models that include data collection, data reduction, data display, and data conclusion. Validity data testing used triangulation of resources and methods. The results of this research indicated that: 1. The planning of project based learning on 3 Dimension Animation Subject were formulating learning objectives, formulating learning strategy, designing learning resources, and designing evaluation tools. 2. The implementation of project based learning on 3 Dimension Animation Subject were preparing learning resources, explaining the project, and project working by the student individually. 4. Factor endowments and brominated the implementation of project based learning strategy on 3 Dimension Animation Subject were: a. Factor endowments: the conformance characteristics of the 3 Dimension Animation Subject with project based learning strategy, the teacher have ten years teaching experience, good condition equipments, and the specification of computers appropriate for 3D modeling applications. b. Factor brominated: appropiateless mapping time, so the student work plan delayed. Keywords: implementation, project based learning strategy, 3 dimension animation

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter