PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATERI DRAMA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 PRAMBANAN KLATEN

Arif Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan multimedia pembelajaran “Drama-Drama Kehidupan” mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam bentuk aplikasi android yang layak digunakan didalam pembelajaran. (2) Mengetahui efektivitas penggunaan multimedia pembelajaran ini untuk meningkatkan hasil belajara siswa. Jenis penelitian ini reaserch and development yang menggunakan prosedur pengembangan Hannafin dan Peck yang terdapat tiga tahapan yaitu: (1) Analisis kebutuhan, (2) Tahap Desain, (3) Tahap pengembangan dan implementasi, pada model ini setiap tahapan terdapat evaluasi dan revisi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) produk multimedia pembelajaran layak digunakan untuk pembelajaran dengan hasil uji kelayakan sebesar: 95,83 oleh ahli materi, 88,52 oleh ahli media, penilaian siswa 93,13 saat uji one to one, 79,91 saat uji coba kelompok kecil, 85,85 saat uji coba lapangan. (2) Produk multimedia efektif digunakan dalam pembelajaran dengan mendapatkan hasil nilai pretest dan posttest yang dikerjakan oleh siswa mendapatkan rata-rata nilai pretest sebesar 76,89 dan mendapatkan rata-rata nilai posttest sebesar 90 yang kemudian di uji N-gain memperoleh skor 0,56 dan di Uji menggunakan Uji T memperoleh hasil t hitung (5,19)>t tabel (2,10) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Kata kunci: Multimedia pembelajaran, Bahasa Indonesia, Materi Drama.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter